FWD.jpg

FWD

Senin, 28 Januari 2019 16:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Front Wheel Drive (FWD) merupakan sebuah mobil dengan menggunakan penggerak roda depan. Pada mobil jenis ini, biasanya kemudi akan terasa lebih berat atau terasa ‘ketarik’ saat melintasi medan berkelok-kelok. Hal tersebut disebabkan tenaga yang dihasilkan mesin dialirkan ke roda depan, dan memiliki kecenderungan untuk understeer. Roda depan pada mobil jenis ini akan langsung terhubung dengan transmisi dan mesin, tanpa harus melalui propeler dan differensial.

Dengan begitu, jumlah komponennya menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan mobil RWD sehingga lebih ringan. Adanya bobot yang lebih ringan membuat sebagian besar mobil FWD lebih bertenaga dan efisien dalam penggunaan bahan bakar karena tenaga dari mesin tidak perlu melalui gardan.

Front-Wheel-Drive.jpg

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari mobil tipe FWD adalah akan lebih hemat dalam penggunaan BBM. Hal tersebut karena mobil lebih ringan daripada sistem penggerak lain. Tenaga yang dihasilkan pada mobil ini sendiri pun akan lebih besar. Dilihat dari sisi interiornya sendiri, pada kabin mobil ini lantai kabin bisa dibuat rata, sehingga lebih nyaman saat ditumpangi. Selain itu, karena tidak ada bunyi gardan belakang yang biasanya dijumpai di mobil penggerak lain, mobil FWD biasanya tidak berisik. Secara teknis pun, traksi pada roda depan akan lebih besar karena mobil bertumpu pada bagian depan.

Kekurangan pada mobil FWD sendiri, pada umumnya mobil dengan penggerak roda depan ini memiliki usia komponen kaki-kaki yang tidak seawet jika dibandingkan dengan RWD, karena roda depan bekerja sangat keras. Selain sebagai penggerak yang mendapat tenaga dari mesin, roda tersebut juga harus mengarahkan mobil dengan inputan dari setir. Mobil FWD biasanya juga tidak memiliki tenaga sebaik RWD saat diadu pada jalan yang menanjak. Kemudian mobil FWD juga cukup riskan jika disematkan mesin bertenaga 400 hp ke atas. Risiko yang sering dialami adalah understeer contohnya, saat sedang berkecepatan tinggi dan kemudi mobil dibelokan ke kiri atau kanan. Mobil seperti tidak mau belok atau cenderung berjalan lurus menuju sisi luar belokan, dengan begitu risiko kecelakaan akan lebih besar. Namun, risiko dari understeer sendiri bisa dikurangi dengan mengurangi injakan pedal gas saat ingin berbelok di kecepatan tinggi.

[Baca Juga: Flywheel]

understeer.jpg

Mobil FWD di Indonesia

  1. Honda BRV
  2. Mitsubishi Xpander
  3. Nissan Juke
  4. Toyota Yaris
  5. Suzuki Swift
  6. Suzuki Baleno
  7. Chevrolet Orlando
  8. Datsun Go

Nissan-USA.jpg

Referensi:

Gridoto.com, otoaasia.com