Fungsi Lain Headrest Yang Harus Anda Ketahui.jpg

Fungsi Lain Headrest Yang Harus Anda Ketahui

Kamis, 24 Januari 2019 12:00 | Inggil Yustiar

Jika Anda sedang naik mobil atau mempunyai mobil, sudah pasti Anda mengenal beberapa komponen yang terdapat pada mobil. Beberapa komponen mobil dibuat untuk mengurangi risiko lebih saat terjadinya kecelakaan. Produsen pada mobil sudah memikirkan matang-matang agar pengemudi ataupun penumpang bisa dengan nyaman saat berada di mobil.

Salah satu komponen tersebut adalah “headrest,” atau banyak orang mengenal dengan sandaran kepala. Fungsi umum pada headrest sendiri memang sebagai sandaran kepala. Lebih dari itu, ada berbagai macam fungsi dari sandaran kepala ini.

Simak artikel berikut, untuk mengetahui berbagai macam fungsi headrest:

  1. Mengurangi Potensi Cedera Patah Tulang Leher

Ketika terjadi tabrakan atau benturan yang cukup keras, secara refleks kepala akan terbentur ke depan kemudian seketika ke belakang. Terjadinya benturan yang sangat keras dapat menyebabkan ayunan kepala kembali ke belakang sangat cepat, dengan demikian risiko terjadinya patah tulang leher semakin besar.

Adanya keberadaan headrest sangat diperlukan di sini. Selain sebagai sandaran kepala saat berkendara. Ketika terjadinya benturan yang sangat keras, maka headrest mampu mengurangi risiko terjadinya patah tulang leher saat terajdi benturan. Hal tersebut bisa terjadi karena secara otomatis leher anda akan tertahan oleh headrest.

Fungsi Lain Headrest Yang Harus Anda Ketahui.jpg

Dilansir dari pikiranrakyat.com Jusri Pulubuhu, instruktur kepala Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, fungsi headrest bukan hanya untuk tempat istirahat kepala, melainkan alat untuk mengurangi risiko cedera leher pada saat terjadi benturan. Oleh karena itu, Anda jangan tidak boleh sembarang mengatur ketinggian headrest, aturlah sedemikan rupa agar tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek.

2. Sebagai Hiburan

Dewasa ini semakin banyak komponen mobil yang bisa dimodif sesuka hati. Salah satunya adalah komponen headrest. Bagi kebanyakan orang banyak memanfaatkan bagian sandaran kepala ini sebagai wadah hiburan saat perjalanan, terlebih bagi keluarga yang mempunyai anak kecil. Hiburan pada headrest sendiri bisa berupa dipasang TV kecil, ataupun teknologi layar sentuh untuk bermain game atau menonton film. Bahkan di luar negeri sana banyak orang memanfaatkan headrest sebagai tempat layar untuk bermain game.

Fungsi Lain Headrest Yang Harus Anda Ketahui.jpg

Hiburan yang dipasangkan pada headrest mampu membuat perjalanan jauh terasa menyenangkan. Perajalanan pun terasa tidak membosankan, ketika hiburan hanya dipasang di depan. Maka tidak semua penumpang bisa ikut menikmatinya. Dengan dipasangnya layar hiburan pada headrest bisa membantu mengobati rasa bosan sepanjang perjalanan.

3. Penyelamat Saat Kondisi Darurat

Tidak banyak orang yang tahu, jika headrest mampu digunakan untuk memecahan kaca mobil saat keadaaan darurat. Pada kondisi darurat saat mobil masuk ke air ataupun saat terjadi kebakaran, hingga terjadi kecelekaan dan menyebabkan posisi mobil kejepit, membuat pintu mobil tidak bisa dibuka. Fungsi dari headrest ini yang kemudian menjadi penyelamat Anda.

Dengan mengenal fungsi lain dari headrest, mampu menyelamatkan nyawa Anda saat keadaaan darurat. Di mana saat perlu membuka paksa kaca pada jendela mobil, headrest bisa menjadi alat pilihan untuk memecahkan kaca mobil, mengingat keras dan tebalnya kaca mobil.

Fungsi Lain Headrest Yang Harus Anda Ketahui.jpg

Caranya sendiri cukup mudah Anda tinggal lepaskan headrest dari kursi dengan menekan tombol yang ada di sekitar headrest. Kemudian, gagang besi headrest ini diselipkan diantara kaca dan juga trim piintu. Setelah menancap, tekan headrest sehingga kaca jendala menjadi pecah, kemudian Anda bisa kelur dari mobil melalui jendela ini.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]