ford-mcd-3.jpg

Ford dan McDonald’s Ubah Sisa Kulit Biji Kopi Menjadi Komponen Kendaraan

Jumat, 27 Desember 2019 12:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Aspek ramah lingkungan telah menjadi salah satu visi dan misi bagi setiap pabrikan otomotif global. Keadaan ekosistem bumi yang semakin jauh dari kata bersih, telah mendorong banyak pihak untuk menghadirkan inovasi dan solusi yang ramah lingkungan. Seperti yang diriset oleh Ford Motor Company dan McDonald’s, yakni mengubah sisa kulit biji kopi menjadi komponen kendaraan.

Ford dan McDonald's berkomitmen menciptakan kehidupan yang berkesinambungan.

Setiap tahun, sisa kulit biji kopi yang telah melalui proses roasting dapat mencapai jutaan kilogram dan selanjutnya dibuang begitu saja. Ford dan McDonald’s berkolaborasi untuk melakukan inovasi dengan material sisa tersebut, agar nantinya digunakan sebagai penguat sejumlah komponen kendaraan. Kulit biji kopi tersebut dapat dipanaskan dengan tingkat oksigen rendah, lalu dicampur dengan plastik dan beberapa zat aditif lain, sehingga berubah menjadi pellet. Jika sudah menjadi pellet, kemudian dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Ford dan McDonald's didukung juga oleh Varroc Lighting Systems dan Competitive Green Technologies.

Material komposit ini terbukti sesuai dengan spesifikasi kualitas untuk batok lampu, beberapa komponen interior, dan komponen di kompartemen mesin. Hasil akhir dari material komposit kulit kopi ini terbukti memiliki bobot sekitar 20 persen lebih ringan dan mampu mengurangi energi sebesar 25 persen saat proses pembuatannya. Sehingga untuk pertama kalinya Ford menggunakan kulit biji kopi untuk dikonversi sebagai bagian dari kendaraan yang diproduksinya.

Industri yang saling berbeda terbukti dapat berkolaborasi untuk memanfaatkan material sisa.

“Komitmen McDonald’s untuk berinovasi memang tak diragukan lagi dan terbukti sejalan dengan visi kami untuk menciptakan kehidupan yang berkesinambungan. Hal ini menjadi contoh dari apa yang kami prioritaskan selama 20 tahun terakhir, dimana industri yang saling berbeda dapat berkolaborasi untuk memanfaatkan material sisa,” jelas Debbie Mielewski, Ford Senior Technical Leader, dalam siaran pers yang diterima Otopedia.com (25/12/19).

Material komposit untuk ciptakan dunia yang lebih bersih.

“Seperti halnya McDonald’s, Ford juga berkomitmen untuk menekan material sisa dan kami selalu mencari jalan keluar untuk berinovasi dengan menggunakan material sisa tersebut. Dengan riset yang kami lakukan bersama terhadap sisa kulit biji kopi, kami membuktikan bahwa setiap pelaku industri dapat mencari solusi dalam mewujudkan dunia yang lebih bersih,” ujar Ian Olson, Senior Director Global Sustainability McDonald’s.

[Baca Juga: Ford Mustang Mach-E Hadirkan Performa Untuk Generasi Masa Depan]

Riset dan proyek yang dilakukan oleh Ford bersama McDonald’s ini juga tak terlepas dari dukungan dari Varroc Lighting Systems yang menyuplai sejumlah komponen lampu depan kendaraan, dan Competitive Green Technologies selaku pihak yang melakukan proses konversi bagi sisa kulit biji kopi.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift