ford mustang cobra jet 1400.jpg

Ford Cobra Jet 1400 Siap Hadirkan Kejutan di Ajang Balap Drag

Senin, 27 April 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Ford, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, baru-baru ini memperkenalkan mobil sport terbarunya yang diberi nama Ford Mustang Cobra Jet 1400. Mobil balap terbaru tersebut sepenuhnya ditenagai listrik.

"Powertrain yang digunakan memberi kami kinerja yang sepenuhnya baru dan Cobra Jet 1400 yang serba listrik adalah salah satu contoh mendorong teknologi baru hingga batas absolut," kata Dave Pericak, Direktur Global Ford dalam pernyataannya yang dikutip dari performance.ford.com, Senin (27/4/2020).

Meski bertenaga listrik, Ford mengklaim bahwa mobil balap drag ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1.400 hp. Untuk ‘melahap’ jarak 400 meter, Cobra Jet 1400 hanya membutuhkan waktu di bawah 8 detik.

“Kami senang menampilkan apa yang mungkin terjadi di tahun yang mengasyikan kompilasi kami juga memiliki Mustang Mach-E serba listrik yang bergabung dengan keluarga Mustang," lanjut Dave.

[Baca Juga: Cuma 50 Unit, Ford Mustang Edisi Carroll Shelby Siap Diperkenalkan]

Mesin Ford Cobra Jet 1400.jpg

Menyusul debut Ford Mustang Mach-E SUV yang serba listrik, prototipe Mustang Cobra Jet 1400 merupakan peluang lain untuk memajukan warisan dan kinerja Mustang sambil membandingkan permainan, teknologi yang akan datang untuk powertrain Ford masa depan.

Kehadiran Mustang Cobra Jet 1400 juga menghormati Cobra Jet asli yang pertama kali mendominasi drag strip pada akhir 1960-an dan masih merupakan kekuatan utama dalam balap drag hingga saat ini.

"Kami melihat proyek Cobra Jet 1400 sebagai peluang untuk mulai mengembangkan powertrain listrik dalam paket mobil balap yang sudah memiliki banyak pengalaman. Jadi, kami memiliki tolok ukur kinerja yang ingin kami tandingi dan kalahkan sekarang," kata Mark Rushbrook, Direktur Global Ford Performance Motorsports.

Dalam proyek prototipe Cobra Jet 1400, Ford Performance menggandeng sejumlah pemasok untuk memaksimal kinerja mobil balap ini. Misalnya dengan Watson Engineering yang siap mengembangkan sasis Cobra Jet 1400. Lalu, ada Cascadia sebagai pemasok motor listrik, dan lainnya.

[Baca Juga: Goodyear Jadi Pemasok Ban Balap Mobil Listrik Pure ETCR 2020]

Ford Performance terus menguji Cobra Jet 1400 menjelang debut dunianya akhir tahun ini di ajang balap drag di mana para penggemar, media, dan pesaing sama-sama akan bertemu mobil balap, serta melihat dengan tepat apa yang mampu mobil balap ini lakukan di lintasan balap.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift