FOCI, Kumpulan Crazy Rich Indonesia

FOCI, Kumpulan Crazy Rich Indonesia

Rabu, 13 Februari 2019 13:00 | Galih Pratama

Siapa tak kenal mobil Ferrari? Mobil sport yang diproduksi perusahaan otomotif asal Italia ini pasti sudah melekat di ingatan banyak orang di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Tanah Air, peminat mobil ini selalu menunjukkan tren positif. Bahkan, Ferrari telah menjadi mobil mewah favorit yang paling banyak diburu crazy rich Indonesia.

Hal ini dibuktikan berkat kehadiran Ferrari Owners Club Indonesia atau dikenal juga dengan sebutan FOCI. Seperti dilansir dari laman auto.ferrari.com pada Rabu (9/1/2019), klub ini merupakan kumpulan para pengguna atau pencinta Ferrari yang berdiri sejak tahun 2002.

Sebagian besar anggota atau member-nya berasal dari Jabodetabek dan Surabaya. Tercatat, kini ada sekira 150 member yang resmi terdaftar di FOCI. Mereka berasal dari berbagai kalangan, seperti profesional, top manager, pengusaha, pengacara, hingga pemilik hotel.

Mereka (member FOCI) memiliki atau mengoleksi beragam tipe Ferrari. Mulai dari Ferrari klasik, edisi khusus, hingga terbaru. Khusus tipe terbaru, ada beberapa member FOCI yang memiliki koleksi Ferrari tipe 488.

[Baca Juga: Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui]

Sama seperti komunitas mobil pada umumnya, FOCI juga rutin menggelar kopi darat. Ada pertemuan yang dilakukan bulanan, empat bulanan, dan tahunan. Acara pertemuan tahunan biasanya dikemas dengan touring bersama.

FOCI, Kumpulan Crazy Rich Indonesia 2

Touring bersama yang pernah dilakukan klub mobil ini adalah FOCI Bali Rally. Touring yang diikuti puluhan member ini digelar selama tiga hari. Ada juga tur Apresiasi Terhadap Warisan Indonesia, dan lainnya.

Tak hanya touring, FOCI juga kerap menggelar event menarik. Seperti yang dilakukan pada akhir tahun lalu, FOCI menggelar Ferrari Track Day 2018 di sirkuit pop-up BSD City, Kabupaten Tangerang. Acara tersebut beragendakan track experience dengan arahan instruktur-instruktur lokal yang berpengalaman. Salah satunya adalah Renaldi Hutasoit, pembalab Ferrari Challenge Indonesia.

“Ferrari Track Day memang acara yang sudah lama dinantikan dan selalu menjadi kegiatan favorit para member untuk menyalurkan hobi dan mempererat kekeluargaan antar anggota FOCI,” ucap Ketua FOCI Hanan Supangkat, seperti dilansir dari thegaspol.com.

[Baca Juga: CALSIC, Menyatukan Dua Jenis Mobil]

Ke depannya, Hanan berharap FOCI terus menunjukkan eksistensinya sebagai klub mobil terkemuka di Tanah Air, bahkan hingga kawasan Asia Pasifik.