Filter Dryer.jpg

Filter Dryer

Kamis, 31 Januari 2019 14:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Filter dryer atau sering disebut receiver dryer merupakan salah satu komponen pada AC mobil. Sesuai dengan namanya yaitu filter, sudah pasti tugasnya untuk menyaring. Maksud dari menyaring di sini adalah menyaring segala kotoran atau partikel-petikel halus yang bersikulasi bersama freon. Dengan adanya filter tersebut, udara jadi lebih bersih. Jika tidak filter ini maka kotoran akan masuk dan menyebabkan karat pada komponen sistem AC mobil.

[Baca Juga: Voltage Stabilizer]

Terdapat beberapa komponen yang membantu tugas dari filter dryer yakni filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug. Masing-masing komponen memiliki bagian kerjanya sendiri. Filter berfungsi untuk membersihkan kotoran di dalam refrigrant. Dessicant berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam lubang evaporator. Sight glass berfungsi untuk melihat jumlah refrigerant yang terdapat di dalam sistem AC.

Fungsi Filter Dryer.jpg

Adapun fusible plug berfungsi sebagai alat pengaman. Cara kerjanya, jika kondensor rusak atau beban pendingin berlebihan, maka tekanan akan merusak komponen. Dalam keadaan tersebut, fusible plug akan meleleh sehingga refigrant dapat keluar. Perlu diketahui pula sebagian mobil tidak mempunyai receiver dryer karena proses pendinginan mobil tersebut sudah baik, dan kondesor pada AC telah bekerja dengan optimal.

Referensi:

Doktermobil.indoneka.com