Filter AC dalam kabin mobil.jpg

Filter AC Mobil Juga Butuh Perawatan, Begini Caranya

Senin, 8 April 2019 16:00 | Galih Pratama

Pada umumnya setiap mobil dilengkapi dengan filter AC dalam kabin. Adanya komponen tersebut membuat udara kabin terasa nyaman saat dihirup. Ini karena filter AC dalam kabin berfungsi menyaring udara yang keluar lewat lubang AC agar udara tetap bersih dan sehat ketika dihirup.

Sama halnya dengan komponen lain, filter AC juga membutuhkan perawatan rutin. Misalnya, dengan cara rutin membersihkannya. Melansir dari liputan6.com pada Senin (8/4/2019), pemilik mobil memang sangat disarankan membersihkan filter AC kabin minimal sebulan sekali.

“Jika tidak dibersihkan, ini berdampak pada tidak sehatnya udara yang bersirkulasi di dalam mobil. Jika dibiarkan, filter akan menjadi tempat berkembang biak bakteri,” ujar Indra Nugraha Wisuda, Retail Division Head Astra Otoparts.

[Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin]

Selain dibersihkan, kata Indra, filter AC dalam kabin juga harus diganti setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan. “Jika tidak dirawat atau rutin diganti, efek lainnya, filter kabin yang kotor juga mengakibatkan aliran udara yang terhambat, dan dapat menyebabkan AC tidak dingin,” imbuh Indra.

Tanda-tanda lain filter AC harus dibersihkan atau diganti adalah hembusan udara dalam kabin akan terasa lebih sedikit dibanding sebelumnya. Selain itu, timbul bau tak sedap yang keluar dari AC, terutama saat pertama AC dihidupkan.

Cara Membersihkan Filter AC

Dilansir dari autos.id, untuk membersihkan filter AC tidak butuh alat khusus dan keterampilan setara mekanik. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Filter AC biasanya terletak di balik laci dasbor mobil. Untuk membukanya perhatikan langkah-langkah berikut:

[Baca Juga: Agar Mobil Tetap Sejuk meskipun AC Mati]

  • Buka laci dengan cara menariknya ke atas dengan menarik sisi sebelah kiri atau kanan satu per satu hingga laci terlepas.
  • Setelah laci terlepas akan terlihat compartement filter AC dan blower AC yang biasanya dibuat bertumpuk dengan posisi filter AC ada di bagian atas.
  • Untuk mengeluarkan filter AC buka sistem pengunci berbentuk knop yang ada di bagian sisi box filter AC.
  • Setelah box filter AC terbuka maka bakal terlihat filter AC yang biasanya berwarna putih, keluarkan filter AC untuk dibersihkan.
  • Ambil filter AC, kemudian diketuk-ketuk sampai debunya keluar. Jika Anda memiliki compressor bisa ditiup compressor dari arah bawah filter AC. Bisa juga menggunakan vacum cleaner.
  • Jangan pernah merendam filter AC dengan air sabun atau dicuci karena akan menyebabkan bulu halus di filter yang menangkap debu akan hilang.
  • Setelah filter bersih, maka masukkan kembali ke box filter AC dan tutup laci dasbor mobil Anda ke posisi semula.

Demikian cara mudah untuk membersihkan filter AC dalam kabin mobil kesayangan Anda. Lakukan secara rutin, dan ganti sesuai dengan jarak kendaraan yang ditempuh. Ini demi kenyamanan sekaligus kesehatan Anda saat berkendara.