roma-5.jpg

Ferrari Roma Usung Perpaduan Desain Klasik Dengan Teknologi Modern

Senin, 30 Desember 2019 16:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Ferrari Roma menjadi produk coupé asal Maranello terakhir di tahun 2019 ini. Dengan menggabungkan desain yang indah dan performa yang mengagumkan, Ferrari Roma menyuguhkan pengalaman berkendara tak terlupakan. Ferrari Roma memiliki proporsi bentuk yang harmonis, seperti produk Ferrari klasik di masa lampau, sebut saja Ferrari 250 GT Berlinetta Lusso dan Ferrari 250 GT 2+2.

Bodi panjang yang sarat dengan lekuk bodi yang eksotis.

Karakter asli bodi coupé grand touring dipadukan dengan bahasa desain yang modern dan tak lekang oleh waktu. Guna mendukung performa berkendara namun tidak harus kompromi dengan bentuk bodi, para insinyur Ferrari pun mengembangkan beberapa teknologi canggih, yakni spoiler di bawah kaca belakang yang dapat beroperasi hanya di kecepatan tinggi.

[Baca Juga: Monza SP1, Konsep Baru Ferrari yang Futuristik]

Tim Ferrari Styling Centre merancang bodi Ferrari Roma secara seksama, untuk menghasilkan dimensi bodi yang panjang dengan lekukan yang indah, mulai dari bagian depan hingga buritan. Siluet bodi fastback pun terlihat jelas jika melihat Ferrari roma dari sisi samping. Struktur dari Ferrari Roma dikembangkan dengan menggunakan teknologi modular, dimana bodi dan chassis dirancang agar memiliki bobot yang ringan. Bahkan, 70 persen dari seluruh komponen bodinya adalah desain baru, sehingga menjamin kedinamisan saat berkendara.

Dibuat berdasarkan gaya hidup masyarakat kota Roma yang penuh suka cita.

Interior Ferrari Roma berasal dari desain yang terdiri dari dua sel terpisah, yang pertama ialah untuk pengemudi dan yang lainnya dikhususkan bagi penumpang. Dalam menciptakan interior Ferrari Roma, para desainer memiliki filosofi ‘eyes on the road, hands on the wheel’, sehingga pengemudi tidak perlu memindahkan tangannya dari lingkar kemudi untuk mengatur tombol kontrol kendaraan. Selain itu, di depan penumpang juga terdapat layar vertikal untuk mengatur berbagai fitur yang tersedia.

Interior Ferrari Roma sarat teknologi mutakhir.

Ferrari Roma didukung oleh mesin V8 3,9 liter turbocharger yang dapat menyemburkan tenaga maksimum sebesar 620 hp dan torsi puncak 760 Nm. Sebagai salah satu varian dari mesin Ferrari V8 yang telah menyandang gelar International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut, mesin ini juga menggunakan fitur Variable Boost Management untuk memberikan respon akselerasi yang tajam.

Dilengkapi dengan spoiler belakang yang aktif ketika melaju di kecepatan tinggi.

Mesin hebat tersebut digandengkan dengan transmisi dual-clutch 8-speed yang lebih ringan dari model 7-speed pada sejumlah produk Ferrari sebelumnya. Penggunaan transmisi baru ini bukanlah tanpa alasan, karena ditujukan agar membuat Ferrari Roma semakin responsif ketika digunakan pada jalan raya, maupun ketika di lalu lintas perkotaan yang padat. Ferrari Roma dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 3,4 detik dan mampu menyentuh top speed lebih dari 320 km/jam.