fender-belakang.jpg

Fender

Senin, 28 Januari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Fender atau wing merupakan komponen kendaraan pada bagian dari bodi yang terletak di atas ban. Pada umumnya terdapat empat buah fender yang masing-masing menutupi roda mobil. Fender sendiri bertugas melindungi konstruksi suspensi dan melindungi dari kotoran serta lumpur.

Pada umumnya fender pada bagian depan dan belakang kendaraan mempunyai fungsi yang berbeda. Berikut penjelasan bagian depan belakang fender.

Pada fender bagian depan kendaraan dipasang pada konstruksi utama dari bodi menggunakan baut sehingga dapat dilepas. Dudukan baut sendiri dapat dibuat mati dengan bodi utama Hal tersebut bertujuan untuk menambah kekuatan dan menghindari getaran yang terjadi. Mengatur lubang posisi baut juga dapat dilakukan untuk penyetelan ke depan atau ke belakang. Namun, hal tersebut tidak dapat dilakukan pada fender yang telah dipasang permanen dengan menggunakan las. Ada beberapa kendaraan, yang melengkapi fender bagian depan dengan lampu samping atau sein, trim atau chrom, sekaligus sebagai pemanis.

Berbeda dengan bagian fender depan, konstruksi pada fender belakang terlihat berbeda dengan susunannya. Walaupun pada umumnya, terdapat beberapa kendaraan yang dapat melepas fender belakangnya, dan ada pula fender yang sudah menyatu dengan bodi bagian dalam dengan sistem pengelasan. Hal tersebut dapat menyebabkan fender tidak dapat dilepas atau dilakukan penyetelan.

Proses pengelasan dengan bodi bagian bawah sendiri sengaja dilakukan secara penuh, dengan bertujuan mencegah kotoran agar tidak masuk pada bagian konstruksi luar dan bodi utama. Perlu diperhatikan pula, saat ingin melakukan perbaikan bodi kendaraan dengan melepas fender, yang harus dilakukan pertama ialah lepas semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan. Sedangkan untuk perbaikan cat, maka skirt moulding dan komponen skirt lainnya sebaiknya juga dilepas.

[Baca Juga: Blok Silinder]

Fender.jpg

Referensi:

Coilku.com

Sportku.com

Otoasia.com