Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui.jpg

Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui

Sabtu, 26 Januari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Sebagai salah satu flagship mobil, harga Lamborghini memang sangat tinggi. Di Indonesia sendiri, tidak banyak orang yang memiliki Sportcar ini. Saking mahalnya mobil ini, di Indonesia hanya ada segelintir orang yang mampu membeli. Sebut saja Raffi Ahmad dengan Lamborghini Aventador nya dan juga Tompi dengan Lamborghini Garrado. Untuk Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Italia, Jerman dan negara maju lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil super mewah ini.

[Baca Juga: Ini Koleksi Mobil ‘Sederhana’ Bos Facebook]

Perlu Anda ketahui, Sportcar Lamborghini diciptakan oleh Ferrucio Lamborghini yang merupakan pecinta Sportcar. Bahkan dirinya juga fans berat dari Ferrari. Bukan hanya fakta itu saja tentang Lamborghini, ada sederet fakta unik dari mobil Lamborghini yang membuat Anda semakin tercengang dan semakin ingin memiliki mobil dengan harga selangit ini.

Berikut ulasannya:

  1. Filosofi Logo Lamborghini

Bagi pecinta Lamborghini, tentu sudah tidak asing lagi dengan logo berupa ikon banteng ini. Di balik pemilihan logo ini, ternyata tidak tercipta begitu saja. Ada makna tersendiri dari logo Lamborghini ini. Ferrucio selaku perintis mobil sportcar ini memilih ikon banteng, berasal dari Rasi Taurus.

Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui.jpg

Tujuannya sendiri ialah menonjolkan sisi astrologi, banteng merupakan simbol dari kepribadian yang bengal dan karakter tahan banting. Sesuai dengan Lamborghini sendiri yang merupakan sportcar dengan mesin kuat dan desain bodinya sendiri juga terlihat elegan dan kuat. Sehingga penggambaran ikon Banteng cocok untuk Lamborghini.

2. Supercar Pertama Di Dunia

Dilansir dari liputan6.com, Lamborghini Miura banyak diketahui oleh masyarakat sebagai mobil cepat pertama di dunia. Diproduksi pada 1966 hingga seri terakhir 1972. Mobil ini menjadi pelopor dengan bermesin tengah dan dua kursi mempunyai kecepatan di atas rata-rata saat itu. Nama Miura sendiri diambil dari nama seekor banteng petarung menakutkan asal Spanyol.

Pada awalnya banyak yang ragu dengan kehadiran Lamborghini satu ini. Banyak orang saat itu tidak yakin kepada Ferrucio yang ingin membuat mobil cepat dengan interior yang nyaman. Akhirnya keraguan itu dijawab oleh sambutan yang baik dari pers otomotif, saat dipresentasikan pada Turin Auto Show 1965 dan prototipe P400 meluncur di Geneva Motor Show 1965. Mempunyai kesan dengan gaya yang ramping, mobil ini menjadi revolusioner untuk mobil-mobil lainnya.

Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui.jpg

Lamborghini Miura yang asli berhasil memecahkan rekor kecepatan tertinggi, yakni 280 Km per jam, bahkan bisa melalukan 0-100 Km per jam hanya dalam 6,7 detik. Untuk desain interior mobil mewah ini hanya dapat disaingi oleh Ferrari.

Sebagai salah satu mobil termahal yang dimiliki oleh perusahaan, Miura menerima pembaruan berkala dan tetap diproduksi sampai tahun 1972. Berhasil memproduksi sebanyak 764 unit, mobil ini tidak diganti dalam jajaran produk perusahaan, sampai Countach menggantikannya pada 1974.

3. Dijadikan Mobil Polisi

Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui.jpg

Mobil super cepat ini dijadikan sebagai mobil polisi di beberapa negara, seperti kepolisisan Dubai, Uni Emirat Arab hingga Italia. Sebagai mobil dinas, mereka menggunakan Lamborghini Aventador. Berbeda dari mobil Lamborghini lainnya, dari segi mesin sendiri pada mobil ini dipasang mesin khusus untuk keperluan kepolisan dalam bertugas. Bahkan mesin khusus ini mengalahkan Lamborghini model Gallardo, karena mampu berjalan mencapai 100km per jam dalam kurun waktu kurang dari tiga detik.

4. Dibuat Oleh 100 Pekerja

Sudah tidak diragukan lagi kualitas dari Lamborghini. Memiliki mesin dengan kecepatan tinggi, interior yang nyaman saat berkendara, dan desain yang elegan. Banyak pecinta sportcar pasti ingin memiliki mobil ini. Harus Anda ketahui untuk memproduksi mobil Lamborghini ini hanya membutuhkan 100 pekerja di pabriknya.

Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui.jpg

Fakta itu dirasa wajar, mengingat proses pembuatan Lamborghini sendiri memakan waktu yang lama, berbeda dengan mobil komersil lainnya seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Demi menjaga kualitas yang baik, pekerja Lamborghini sangat teliti dalam proses pembuatannya.

5. Supercar Terbaik Hingga Kini

Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui.jpg

Fakta menarik dari Lamborghini ialah selalu habis terjual, bahkan sebelum diproduksi sekali pun. Selain itu tanpa disadari Lamborghini tidak pernah beriklan di TV Lokal ataupun media berita online di Indonesia. Mobil satu ini memang selalu menjadi buruan bagi pecinta supercar, mengingat kualitas yang baik dengan desain elegan. Maka tidak heran seperti dilansir dari Auotocar Lamborghini masuk peringkat lima supercar terbaik tahun 2017.