Extra Mile Challenge 2020.jpg

Extra Mile Challenge 2020, Cara UD Trucks Cetak Pengemudi Andal

Rabu, 26 Februari 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Untuk keempat kalinya, UD Trucks Indonesia kembali menggelar Extra Mile Challenge. Di ajang ini, para pengemudi UD Truck yang berasal dari berbagai daerah berkompetisi adu skill mengemudikan truk. Lebih dari itu, pengemudi juga dituntut meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar dan meningkatkan produktivitas kendaraan.

“Extra Mile Challenge 2020 hadir sebagai sebuah kompetisi antar pengemudi UD Trucks yang mencoba menggabungkan semua aspek, mulai dari kecanggihan kendaraan, keamanan, dan efisiensi. Para peserta telah terlebih dahulu menyelesaikan kompetisi di daerah mereka masing-masing, yang terdiri dari tes tertulis dan tes di lapangan,” kata Aloysius Chrisnoadhi, Marketing and After Sales Service Director PT UD Astra Motor Indonesia di kawasan BSD City, Rabu (26/2/2020).

Dalam Extra Mile Challenge 2020 kali ini terpilih enam pengemudi UD Trucks terbaik yang berhak mengikuti final di BSD Track, Tangerang, pada hari ini. Mereka di antaranya Achmad Darwilis dari PT. Pertamina Patra Niaga, Agustiadi (PT Dunia Express Transindo), Irwan S. Wijaya (PT Lancar Central Logistics), Saiful Anwar (PT Duta Lintas Nusa), Ahmad Saiful Hanafi (PT Alam Widjajatrans), dan Rusdi (PT Agung Teratai Makmur).

[Baca Juga: Pameran GIICOMVEC 2020 Punya Misi Kampanyekan Keselamatan Berkendara]

“Sebelum menjalani partai final Extra Mile Challenge 2020, mereka terlebih dahulu akan dibekali dengan pelatihan dari tim UD Trucks sebelum berlaga di trek,” tambah Aloysius.

Tes yang harus dijalani enam finalis Extra Mile Challenge 2020 mencakup empat aspek atau hal penilaian. Pertama, pentingnya program pengecekan harian (P2H) yang mampu memastikan kondisi truk dalam keadaan terbaiknya sebelum beroperasi. Kedua, mengemudi dengan teknik yang mampu menghemat bahan bakar.

Kemudian, pola pikir aman, di mana pengemudi yang memperhatikan kondisi kendaraan sejak awal mampu menghindari kecelakaan. Terakhir, kemampuan manuver pengemudi yang mampu mempersingkat waktu perjalanan.

Di kesempatan yang sama, Valery Muyard, President Director PT UD Astra Motor Indonesia berharap dengan adanya kompetisi global ini, diharapkan dapat memotivasi lahirnya para pengemudi cerdas yang tak hanya andal, melainkan juga mampu mengemudi dengan aman dan efisien.

Sementara Winarto Martono, Chief Executive Officer Astra UD Trucks menjelaskan sejak awal UD Trucks telah menyediakan program yang komprehensif bagi para pengemudinya. Dimulai dari in class training, pelatihan mengemudi yang aman, serta efisien sampai pada sertifikasi pengemudi UD Trucks. “Program driver training ini merupakan bagian dari layanan kami kepada para pelanggan kami,” tegasnya.

[Baca Juga: Indonesia Belum Memiliki Aturan Pembatasan Usia Truk]

Pemenang Extra Mile Challenge Indonesia Final 2020 ini akan dikirim untuk menjalani kompetisi global di Jepang.