Euro-Retro-Enthusiast,-Wadah-Berkumpul-Pencinta-Mobil-Eropa

Euro Retro Enthusiast, Wadah Berkumpul Pencinta Mobil Eropa

Kamis, 21 Februari 2019 12:00 | Galih Pratama

Berawal dari kecintaan terhadap mobil besutan Eropa, pada April 2015 terbentuk komunitas Euro Retro Enthusiast. Komunitas ini merupakan sekumpulan penggemar atau pencinta mobil lansiran negara Eropa dari berbagai merek ternama.

Dilansir dari autodigest.co pada Senin (21/1/2019), pembentukan komunitas ini dilatari dari pertemanan yang memiliki kegemaran dengan mobil Eropa. Bahkan, sebelumnya mereka sudah bergabung di beberapa klub mobil yang sudah eksis. Mereka di antaranya Rangga (Peugeot Groupe Independent), Jendy (Bavarian Bastard/BMW Classic Register), Edwyn (Volvo Independent Club), Indra (Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia), dan Iqbal (VW Golf MK1 Club of Indonesia).

Kehadiran Euro Retro Enthusiast bertujuan mewadahi semua pengguna atau penggemar modifikasi retro Eropa di Tanah Air. Seperti diketahui, saat ini kebanyakan komunitas mobil retro yang sudah eksis menganut konsep original. Makanya, hadirnya Euro Retro Enthusiast bisa menjadi ‘rumah’ bagi mereka yang gemar modifikasi.

[Baca Juga: ICR Menyatukan Pencinta Mobil Mini Klasik]

Rata-rata anggotanya memang memiliki mobil Eropa dengan produksi tahun 1995. Namun seiring berjalannya waktu, komunitas ini kemudian mempersilahkan bagi pemilik mobil Eropa yang tahun produksinya lebih muda untuk bergabung. Tak ayal, beragam jenis mobil Eropa menyatu dalam komunitas ini. Ada yang menyukai mobil merek Peugeot, Mercedes, BMW, Jaguar, Volvo, VW dan lainnya.

Untuk menjalin hubungan antar anggota, setiap bulan sekali pada Minggu pagi, Euro Retro Enthusiast rutin mengadakan kumpul-kumpul alias kopi darat. Lokasinya tak menetap di satu tempat. Mereka pernah menggelar kumpul-kumpul di kawasan Jakarta, Bintaro, hingga Serpong.

Anggota Euro Retro Enthusiast sendiri mayoritas berasal dari kawasan Jabodetabek. Tapi, kini ada juga yang datang dari Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. Jumlah anggota Euro Retro Enthusiast sudah mencapai ratusan orang. Rentang usianya mulai dari 22 hingga 60 tahun telah bergabung dalam komunitas ini.

[Baca Juga: Bernostalgia dengan Mobil Toyota Corolla 1980-an]

Sementara untuk menjaga eksistensi komunitas, setiap tahunnya Euro Retro Enthusiast rutin mengadakan event besar. Salah satunya adalah Euro Addicted. Acara tersebut jadi hajatannya para pencinta mobil Eropa yang berasal dari kawasan Jabodetabek berkumpul dan berbagi cerita serta pengalaman.