Tune Up Mobil.jpg

Estimasi Biaya Perawatan Tune Up Mobil Toyota di Bengkel Umum

Jumat, 21 Februari 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Di tengah rutinitas yang padat, akhir pekan bisa dijadikan momen yang pas untuk melakukan perawatan mobil kesayangan. Ini menjadi penting, apalagi mobil tersebut menjadi transportasi utama penunjung mobilitas. Untuk mengembalikan performa mobil, jenis perawatan tune up sangat diperlukan.

Untuk mendapatkan perawatan ini pun tak melulu harus pergi ke bengkel resmi. Di bengkel umum juga menyediakan jenis perawatan ini. Selain tanpa harus antre lama-lama, harga yang ditawarkan pastinya lebih miring jika dibanding bengkel authorized.

Seperti yang ditawarkan di CARfix Pondok Indah. Bengkel umum ini menawarkan beragam jenis perawatan mobil seperti tune up. Dari segi harga pun, bisa dibilang lebih terjangkau. “Bedanya cukup jauh dengan bengkel resmi, misal Toyota Avanza tune up di bengkel resmi bisa Rp350 ribuan. Kalau kita kan cuma Rp247.500,” ujar Mardiono, Branch Manager CARfix Pondok Indah kepada Otopedia beberapa waktu lalu.

[Baca Juga: CARfix, Bengkel Umum Kualitas Setara Bengkel Resmi]

Sebelum lebih jauh membahas soal harga, Mardiono coba menjelaskan apa itu perawatan tune up mobil. Menurutnya, tune up adalah mengembalikan kondisi mesin seperti semula. Artinya, banyak hal yang diperiksa atau dicek dalam perawatan ini, terutama di bagian mesin. Mulai dari mengecek busi, saringan udara, saringan bensin, v-belt, aki dan bagian lainnya.

“Apakah speknya sudah standar atau belum. Kalau belum, kita kembali kan lagi seperti semula. Jika ada problem kita pasti infokan ke pelanggan,” ujar Dono, sapaan akrab Mardiono.

Untuk mengetahui lebih detail ‘penyakit’ pada mobil pelanggannya, CARfix telah dilengkapi dengan peralatan canggih setara dengan bengkel resmi. Semisal engine scanner, alat ini mampu mendeteksi atau mendiagnosa kerusakan pada mesin. “Apalagi mesin-mesin sekarang kan sudah banyak yang komputerisasi. Alat ini sangat membantu,” katanya.

Mengenai waktu ideal untuk melakukan perawatan tune up mobil ada baiknya dilakukan tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer.

Harga Tune Up Mobil Toyota

CARfix Pondok Indah memang menerima perawatan segala macam jenis mobil. Tapi, jika Anda pemilik mobil Toyota, berikut harga untuk mendapatkan perawatan tune up di bengkel umum ini.

Toyota Agya Rp207.000

Toyota Calya Rp207.000

Toyota Avanza Rp247.500

Toyota Innova Rp289.000

Toyota Yaris Rp289.000

Toyota Vios Rp289.000

Toyota Fortuner Rp362.000

Toyota Harrier Rp362.000

Toyota Alphard Rp465.000

Toyota Vellfire Rp465.000

Toyota 86 Rp465.000

[Baca Juga: 3 Cara Agar Kampas Rem Mobil Lebih Awet]

Perlu diingat, biaya tersebut hanya meliputi perawatan tune up saja. Belum termasuk biaya spare part ataupun oli mesin atau transmisi. “Misalnya untuk spare part yang habis pemakaian seperti kampas rem, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan,” tutup Dono.