Engine-Hood.jpg

Engine Hood

Senin, 28 Januari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Engine hood atau kap mesin merupakan bagian eksterior pada mobil yang dibutuhkan untuk perlindungan mesin kendaraan. Pada umumnya terdapat dua acara yang bisa dilakukan pemilik mobil ketika menutup kap mesin.

Pertama adalah ‘teknik banting,’ pada teknik ini posisikan jarak kap mesin dengan penguncinya, kemudian lepaskan kap mesin hingga jatuh dan mengunci. Pada cara pertama tersebut terlihat kasar sebab, saat dijatuhkannya kap mesin akan terdengar suara yang keras. Perlu diperhatikan pula jangan memberi jarak terlalu tinggi saat membanting karena, dikhawatirkan efek benturannya terlalu keras sehingga bisa merusak pengunci kap mesin.

Cara kedua, yaitu dengan menekan kap mesin. Pada cara ini kap mesin ditaruh terlebih dahulu di atas pengunci atau pengaitnya, kemudian pada bagian ujung depan kap mesin ditekan menggunakan tangan hingga mengunci. Perlu diperhatikan pada cara kedua ini, jangan terlalu menekan kap mesin terlalu kencang sebab jika terlalu memberikan tekanan yang kuat kap mesin bisa penyok.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Masalah Utama Engine Hood

Tidak hanya mesin dan interior saja yang harus diperhatikan. Merawat sebuah kap mesin juga harus dilakukan. Ada beberapa masalah utama pada kap mesin, berikut ini di antaranya:

  1. Warna cat berubah atau pudar
  2. Cat mengangkat atau gelembung
  3. Pengunci atau pengait kap mesin macet
  4. Tuas pembuka kap mesin macet

Referensi:

Gridoto.com