Modifikasi Knalpot.jpg

Dua Cara Memodifikasi Suara Knalpot Mobil

Jumat, 22 Februari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Salah satu bagian yang seringkali dimodifikasi pada mobil ialah bagian eksterior. Pada bagian ini pemilik mobil biasanya ingin merubah tampilan mobil mereka agar terlihat lebih keren. Tidak hanya bodi mobil saja, pemilik mobil juga kerap memodifikasi knalpot kendaraan mereka. Alasan dimodifikasinya knalpot mobil ialah agar mengeluarkan suara lebih ‘ganas’.

Saat ingin memodifikasi knalpot mobil, Anda harus pahami dulu cara kerjanya. Pada dasarnya, kendali pengaturan suara pada mobil terletak pada saluran knalpot. Semburan udara yang dikeluarkan oleh blok mesin akan disaring pada sebuah sistem exhaust. Sistem ini terdiri dari beberapa alat yang memiliki fungsi mengatur keseimbangan pada pembakaran mesin. Caranya yaitu menyaring karbondioksida dengan glasswool yang terdapat dalam tabung knalpot.

Mendeteksi-Masalah-Mesin-Mobil-dari-Warna-Asap-Knalpot.jpg

Knalpot juga mempunyai peran sebagai peredam suara, sehingga suara asli yang dihasilkan pada semburan blok mesin dapat diminimalisir oleh tabung knalpot.

[Baca Juga: Mendeteksi Masalah Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot]

Bagi Anda yang ingin memodifikasi suara knalpot mobil agar terdengar selayaknya supercar, baiknya simak artikel dari Otopedia yang dilansir dari Showroomobil berikut ini:

  1. Modifikasi Header Knalpot

Header pada knalpot mobil mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan kecepatan dan aliran gas buang. Dengan begitu, performa dan tenaga mesin akan semakin besar jika aliran gas buangan lancar. Untuk lebih memaksimalkan fungsi dari header knalpot ini, banyak pemilik mobil yang menggantinya dengan header modifikasi yang dijual di aftermarket.

Untuk melakukan modifikasi ini, Anda harus memulainya dari pipa knalpot terlebih dahulu. Tujuannya agar udara bisa mengalir secara lancar. Sehingga, dapat mengurangi penahanan aliran udara. Pemilihan diameter pipa knalpot dapat diselaraskan dengan kapasitas mesin dan karakter yang diinginkan. Untuk pipa header sendiri, pastikan harus memiliki panjang yang sama. Dengan begitu, kecepatan gas buangan yang dihasilkan di tiap ruang bakar mempunyai nilai yang sama.

Header Knalpot.jpg

Perhatikan pula panjang pipa beserta tekukannya. Pasalnya, performa mesin pada RPM ditentukan oleh panjang dan tekukan pipa yang sesuai atau tidak. Perhitungan konfigurasi yang perlu dilakukan adalah 4:1 (empat pipa header masuk menjadi satu dalam pipa pembuangan) atau 4:2 (empat pipa header dijadikan dua bagian yang terpisah dan menjadi satu bagian kembali pada pipa pembuangan). Dengan memerhatikan penggantian pipa knalpot header. Anda dapat mengatur tekanan gas dan mengatur suara knalpot yang diinginkan.

  1. Modifikasi Chamber Knalpot

Perlu diperhatikan, knalpot header dan knalpot chamber mempunyai permasalahan yang sama, yakni mengeluarkan asap putih pada knalpot mobil. Asap putih ini disebabkan karena air atau embun yang mengendap di knalpot kemudian terbakar oleh knalpot racing yang ganas.

Chamber Knalpot.jpg

Modifikasi suara knalpot agar terdengar lebih garang yaitu dengan cara modifikasi knalpot chamber. Cara yang dilakukan cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkan sisi dalam knalpot, kemudian mengganti saringannya dengan bentuk modifikasi sendiri.

Artikel Lainnya

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil

/media/images/Mesin-Renault-4.original.jpg

Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik

/media/images/Aquaplaning.original.jpg

Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning