door guard.jpg

Door Guard, Aksesori yang Mampu Cegah Lecet Pintu Mobil

Selasa, 3 Maret 2020 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tanpa kita sadari, bibir pintu mobil kerap kali terjadi lecet terkena benturan sesaat setelah membuka pintu. Apalagi pada saat parkir di lahan parkir yang sempit seperti di garasi rumah. Kalau sudah lecet, pastinya tampilan mobil akan berkurang.

Salah satu solusi untuk mencegah pintu lecet akibat benturan adalah dengan door guard. Ya, aksesori ini banyak digunakan pemilik mobil untuk mencegah terjadinya pintu lecet akibat terkena benturan saat membuka pintu.

Umumnya, door guard dipasang dibibir pintu. Bentuk atau desainnya pun sangat beragam. Sehingga ketika diaplikasikan, bisa disesuaikan dengan warna mobil. Tak jarang, Anda bisa menemukan door guard yang mampu meningkatkan penampilan mobil.

[Baca Juga: Hal Sepele Ini Bisa Sebabkan Cat Mobil Rusak]

Sedangkan bahan dasarnya juga cukup beragam. Aksesori ini umumya memang memiliki bahan yang lembut, seperti karet atau gabus tebal. Namun ada juga pilihan yang berbahan dasar aluminium. Kedua bahan dasar tersebut diyakini mampu meredam benturan saat pintu mobil bersentuhan dengan benda.

door guard.jpg

Hanya saja, disarankan untuk pemilihan bahan dan desain door guard adalah berbahan dasar gabus atau karet. Mengapa? karena bahan tersebut diklaim lebih ringan dan memiliki daya rekat yang lebih lama dibanding dengan bahan aluminium.

Pemasangan door guard sendiri bisa dikatakan cukup mudah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda hanya membutuhkan atau menggunakan perekat 3M yang ditempelkan pada door guard ke bibir pintu mobil.

[Baca Juga: Cara Merawat Cat Mobil Berwarna Gelap Agar Tetap Mengilap]

Anda bisa mendapatkan aksesori kecil pelindung cat, khususnya pintu mobil di bengkel atau aksesori. Harganya berkisar dari Rp50 ribuan atau lebih, sesuai dengan desain dan bahan yang dipilih.