Ilustrasi Pameran GIIAS.jpg

Dongkrak Penjualan Mobil, GIIAS 2019 Hadir Lebih Awal

Rabu, 15 Mei 2019 16:00 | Galih Pratama

Beberapa tahun terakhir, pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) selalu digelar pada Agustus. Tapi, pada gelaran IIMS kali ini, pihak penyelenggara akan memajukan lebih awal pada 18-25 Juli 2019.

“Kami majukan sekitar setengah bulan. Kenapa lebih awal? Ini merupakan kesempatan atau cara untuk mengdongkrak penjualan kendaran bermotor, khususnya di awal semester kedua,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di konferensi pers buka puasa bersama media di Century Park Hotel, Senayan, Selasa (14/5/2019).

Seperti diketahui, lanjut Yohannes, penjualan mobil pada kuartal pertama mengalami penurunan 13 persen dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya, ini dikarenakan dampak dari hajatan politik, yakni pemilihan presiden dan dewan.

“Pemilu dewan dan presiden sangat berpengaruh pada penjualan kuartal pertama. Berdasarkan pengalaman kami, dalam setahun penjualan mobil di semester pertama mampu menyerap sekira 40-43 persen penjualan. Sedangkan sisanya 50-60 persen terserap di semester kedua,” jelasnya.

[Baca Juga: GIIAS 2019 Bukan Ajang Jualan Mobil]

Untuk itu, kata Yohannes, kehadiran GIIAS 2019 bulan Juli jadi momen yang tepat untuk menolong penjualan kendaraan bermotor. Dengan begitu, diharapkan target penjualan sebanyak 1,1 juta unit kendaraan tahun 2019 bisa tercapai.

“Kita akan genjot di bulan Juli. Saat ini kami juga belum melakukan revisi mengenai target penjualan kendaraan tersebut,” tambah Yohanes.

Usung Konsep Future in Motion

GIIAS 2019 kali ini mengusung tema Future in Motion, yang direncanakan akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif melalui beragam program sepanjang penyelenggaraan pameran.

Ada sebanyak 25 kendaraan penumpang dan komersial yang sudah memastikan ikut serta dalam GIIAs 2019. Line up kendaraan penumpang akan dihadiri Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Sedangkan dari segmen komersial akan hadir merek FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

[Baca Juga: Ini Deretan Merek Kendaraan yang Akan Mejeng di GIIAS 2019]

Selain mobil, ada juga 11 merek sepeda motor yang unjuk gigi di GIIAS 2019. Mereka di antaranya Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Sementara untuk harga tiket GIIAS 2019, penyelenggara memastikan tidak akan mengalami perubahan dibanding tahun lalu. Harga tiket dari GIIAS 2018 sendiri, yakni sebesar Rp 100 ribu pada akhir pekan dan Rp 50 ribu untuk hari biasa.