Mobil MINI.jpg

Ditopang MINI Countryman, MINI Cetak Rekor Penjualan pada 2019

Kamis, 16 Januari 2020 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sepanjang 2019, menjadi prestasi tersendiri bagi mobil brand MINI di pasar otomotif Tanah Air. Di bawah naungan BMW Group Indonesia, mobil ikonik asal Inggris ini mampu mencetak rekor penjualan sebanyak 700 unit. Capaian ini mengalami lonjakan cukup signifikan sebesar 36,6 persen dibanding pada periode sebelumnya dengan total penjualan 520 unit.

Jika dirinci, kontribusi penjualan terbesar disumbang oleh varian MINI Countryman. Model MINI ini mengalami peningkatan yang cukup tajam dengan capaian penjualan sebanyak 273 unit. Hasil ini naik sebanyak 46,8 persen dari 186 unit pada periode sebelumnya.

Kemudian disusul dengan MINI 3-Door. Penjualan tipe MINI ini naik 32 persen dibanding periode sebelumnya. Di mana tahun lalu BMW Group Indonesia berhasil mencetak penjualan sebanyak 260 unit.

[Baca Juga: Makin Ngegas, 70 Ribu Lebih Unit Honda Brio Terjual pada 2019]

Capaian ini menjadi motivasi tersendiri bagi BMW Group Indonesia, khususnya produk MINI dalam menatap pasar otomotif pada 2020. Mereka sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan penjualan MINI. Salah satunya adalah dengan menghadirkan sejumlah line up MINI terbaru.

“Untuk para fansnya, MINI akan hadirkan New MINI Clubman bersama dengan edisi khusus MINI lainnya,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia beberapa waktu lalu.

Tak hanya unit line up terbaru, lanjut Ramesh, pihaknya juga akan meningkatkan variasi sekaligus customer touch point di tahun 2020. Untuk itu, BMW Group Indonesia rencananya akan membangun showroom MINI terbaru di kawasan Bandung. “MINI Showroom ini akan tampilkan desain yang ekspresif, suasana premium dan fun khas MINI,” tambah Ramesh.

Selain MINI, BMW Group Indonesia juga mencatat penjualan positif untuk produk BMW. Di mana pada tahun lalu, mereka mencatat penjualan kendaraan baru BMW naik 6 persen pada 2019 menjadi 2,500 unit (dibandingkan dengan 2,360 tahun sebelumnya).

[Baca Juga: Sepanjang 2019, BMW Group Indonesia Catat Penjualan Hingga 3.675 Unit]

Kontribusi penjualan terbesar datang dari BMW X3 dengan peningkatan 119 persen atau terjual sebanyak 265 unit. Kemudian, disusul BMW X5 terbaru dengan pertumbuhan hingga mencapai 114 persen dengan total penjualan sebanyak 327 unit.

“Dengan peningkatan tersebut dan tumbuhnya brand awareness BMW dan MINI di Indonesia, BMW Group Indonesia yakin dapat terus tumbuh dan memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia yang terus berkembang,” harap Ramesh.