Dealer BMW Astra.jpg

Dibayangi Corona, BMW Astra: Kami Fokus Pelayanan Purna Jual

Rabu, 18 Maret 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Banyak yang berpendapat bahwa tahun ini merupakan tahun kebangkitan industri otomotif. Sayangnya, geliat sektor ini harus dibayangi dengan mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air. Kehadiran virus ini secara tidak langsung akan berdampak negatif pada penjualan kendaraan. Para pelaku bisnis otomotif menyadari akan hal ini dan tak akan muluk-muluk dalam menggenjot penjualan.

Seperti diunggkapkan Fredy Handjaja, CEO BMW Astra, di tengah musibah banjir dan virus Corona yang mewabah saat ini, pihaknya akan lebih concern meningkatkan pelayanan purna jual. “Kalau kami dalam kondisi seperti ini sangat tidak elok untuk meminta pelanggan untuk membeli kendaraan. Jadi, kami tidak push sales,” ujar Fredy di sela-sela acara peluncuran BMW Mobile Service di Jakarta, kemarin.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, BMW Astra Perkenalkan Mobile Service]

Lebih jauh dia menjelaskan, strategi yang dilakukan BMW Astra di tengah musibah (Corona) ini adalah dengan membantu pelanggan pemilik mobil BMW dan MINI mendapatkan perawatan kendaraan mereka dengan mudah. “Kami lebih peduli ke bagaimana caranya membantu pelanggan di rumah tetap mendapatkan perawatan mobinya dan tetap merasakan mobilnya yang nyaman,” tegasnya.

Salah satu upaya mereka merealisasikan tersebut adalah dengan meluncurkan BMW Astra Mobile Service. Layanan ini memberikan kemudahan pelanggan untuk mendapatkan perawatan mobil kesayangan di mana saja dan kapan saja.

Sementara ketika ditanya soal penjualan kendaraan dari dealer BMW Astra, Fredy mengaku, dua bulan terakhir (Januari-Februari 2020) tidak ada masalah dengan penjualan. Meski tak memberikan angka pasti, dia mengklaim penjualan tahun ini meningkat dibanding tahun lalu, walaupun sebagian daerah dilanda banjir dan terbaru adanya virus Corona.

“Sejauh ini, dua bulan pertama (Januari-Februari 2020) kemarin kami tidak mengalami masalah. Malah lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Kenaikannya double kayaknya (dalam persentase),” jelas Fredy.

[Baca Juga: Perawatan Interior Mobil Agar Terhindar Ancaman Virus Corona]

Selama dirundung virus Corona, Fredy juga menjamin akan ketersediaan produk dan spare part yang cukup untuk kebutuhan para pelanggannya. Makanya, dia yakin bahwa kebutuhan akan layanan servis maupun spare part di BMW Astra aman. “Kami selalu sediakan stock yang cukup untuk konsumen. So far nggak ada masalah soal itu,” tutupnya.