Mobil Muhammad Ali.jpg

Deretan Mobil Mewah Saksi Bisu Kejayaan Muhammad Ali

Kamis, 4 April 2019 13:00 | Galih Pratama

Muhammad Ali, petinju legendaris yang selalu akan dikenang. Dia meninggal dunia di usia ke 74 tahun. Di masa kejayaannya, sang legenda bisa dibilang punya gaya hidup yang cukup mewah. Ini bisa dilihat dari koleksi mobil yang dimilikinya.

Sebagai petinju, selera otomotif Muhammad Ali memang cukup menarik. Salah satu koleksi mobil petinju kelahiran 17 Januari 1942 ini adalah Mercedes Benz 220S. Mobil ini sangat menarik perhatian, karena bertahtakan dengan ratusan perhiasan berharga dan balutan emas.

Mobil Balutan Emas Muhammad Ali.jpg

Seperti dilansir dari kompas.com, Kamis (4/4/2019), mobil berjuluk ‘Golden Angel Wing’ Muhammad Ali ini memiliki lebih dari 270 perhiasan yang sematkan di sejumlah bodi mobil. Selain itu, taburan emas 23 karat juga menghiasai bagian headlamp, grille, bumper, serta semua tombol-tombol yang ada di dalam kabin mobil ini.

[Baca Juga: Menelisik Keistimewaan Mobil Mendiang Marilyn Monroe]

Namun pada 2014, mobil ini masuk lelang dan berhasil dijual dengan harga Rp21,4 miliar. Berdasarkan keinginan Ali, hasil lelang mobil bertabur perhiasan tersebut akhirnya digunakan untuk membantu kelaparan dunia.

Mobil lainnya yang dimiliki Muhammad Ali adalah Alfa Romeo Spider 1976. Dilansir dari otosia.com, mobil ini menggendong mesin 2.0 liter dengan 4 silinder yang dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan. Mobil berwarna silver ini memiliki aksen garis berwarna oranye di panel dan pelat depannya bertuliskan ALIBEE2. Kabinnya dibalut kulit hitam dengan setir kemudi beraksen kayu 3 palang.

Mobil Alfa Romeo Muhammad Ali.jpg

Mobil ini juga sudah dilelang melalui Barret-Jackson. Sayangnya, tak ada informasi yang menyebutkan harga lelang mobil milik Muhammad Ali itu.

[Baca Juga: Ini Koleksi Mobil ‘Sederhana’ Bos Facebook]

Muhammad Ali juga pernah memiliki Rolls-Royce Silver Shadow. Mobil convertible ini adalah mobil setir kiri yang dibuat oleh builder H.J Mulliner Park Ward di Willesden, London. Rolls-Royce Silver Shadow ini memiliki mesin 6.75L V8 dengan kecepatan tertingginya 190 kph.

Rolls Royce Silver Shadow Muhammad Ali.jpg

Pada 1970, Ali membeli mobil ini di New Jersey dengan harga USD 16.000. Saat dirilis, mobil ini jadi mobil termahal dan paling mewah. Tahun lalu, mobil pabrikan Inggris ini akhirnya dilelang lewat Bonhams.

Itulah tiga mobil mewah yang pernah dimiliki Muhammad Ali. Meski semuanya sudah dilelang, setidaknya mobil tersebut telah menjadi saksi bisu kejayaan Muhammad Ali di dunia tinju.