Peluncuran BMW i3s.jpg

Deretan Mobil Listrik yang Mencuri Perhatian GIIAS 2019

Rabu, 24 Juli 2019 11:00 | Galih Pratama

Kini, mobil listrik makin populer di Tanah Air. Hal ini setidaknya tercermin dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD City. Di pameran otomotif tersebut, banyak pengunjung yang tertarik pada mobil listrik yang dipamerkan. Tak jarang, ada sebagian yang memboyong mobil listrik meski harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam.

Di pameran GIIAS 2019 kali ini memang banyak produsen mobil yang memamerkan mobil listrik andalannya. Otopedia sudah merangkum tiga mobil listrik yang cukup memikat pengunjung di pameran otomotif terbesar tersebut. Apa saja?

1. BMW i3s

Mobil Listrik BMW i3s.jpg

Di GIIAS 2019, BMW Group Indonesia memboyong salah satu mobil listrik andalannya bernama BMW i3s. Mobil ini diperkenalkan di hari pertama pembukaan GIIAS 2019 pada Kamis (18/7/2019), bersama dengan dua mobil terbaru dari BMW.

Secara dimensi, mobil ramah lingkungan ini bisa dibilang cukup mungil. Ukuran dimensi panjangnya 4.006 milimter (mm), timggi 1.570 mm, dan lebar 2.039 mm. Rangka mobil ini juga sudah menggunakan karbon fiber, sehingga bobotnya cukup ringan dan mampu berakselerasi dengan lincah.

[Baca Juga: Hino Kenalkan Truk Berteknologi Hybrid di GIIAS 2019]

Mengenai urusan dapur pacu, mobil listrik ini dibenamkan motor listrik bertenaga 184 tenaga kuda (tk) dengan torsi maksimal mencapai 270 Nm. Mobil ini diklaim mampu melesat dari titik 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 6,9 detik.

Untuk urusan perangkat hiburan, tersedia iDrive BMW, sistem navigasi, fitur Apple CarPlay, dan Android Auto. Sementara harganya sendiri dibanderol Rp1,299 miliar off the road.

2. Outlander PHEV

Outlander PHEV.jpg

Selanjutnya ada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Tanah Air. Di ajang GIIAS 2019, mereka meluncurkan mobil ramah lingkungan, yakni Outlander Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Mitsubishi Outlander PHEV merupakan mobil ramah lingkungan yang memadukan antara kecanggihan teknologi mesin bensin, motor listrik, dan baterai, yang dilengkapi dengan inovasi sistem Plug-In Hybrid EV. Pada mode all electric driving, pengendara akan merasakan kendaraannya bebas konsumsi bahan bakar dan emisi karbon dengan mesin nyaris tanpa bunyi.

Dari sektor keamanan mobil juga sangat terjaga karena dilengkapi dengan fitur Adaptive Cruise Control yang dapat menjaga jarak mobil dengan mobil di depannya serta dapat mengurangi stres bagi pengendara ketika menghadapi kemacetan. Sementara mengenai harga, mobil ramah lingkungan ini dibanderol dengan harga Rp1,289 miliar.

3. DFSK Glory E3

Glory e3.jpg

Lalu, ada produsen mobil asal Tiongkok, Dongfeng Sokon atau DFSK yang juga memamerkan SUV listrik miliknya, yaitu Glory E3. Kendaraan ini mengusung konsep rendah emisi gas buang karena sepenuhnya digerakkan oleh tenaga listrik sebagai penggerak roda mobil.

[Baca Juga: All New Honda Accord Bermesin Turbo Melantai di GIIAS 2019]

Glory E3 yang menghadirkan kombinasi motor listrik dan baterai, memiliki berbagai varian berdasarkan kemampuan jarak tempuh, mulai dari 305/405 kilometer. Untuk mengisi daya baterai, pemilik kendaraan tak perlu khawatir. Pasalnya, DFSK Glory E3 sudah dilengkapi dengan fast charging yang dapat dilakukan di rumah. Untuk mengisi baterai 20 hingga 80 persen hanya butuh sekira 30 menit.