Toyota Yaris Cross.jpg

Debut Global, Begini Wujud Toyota Yaris Cross

Jumat, 24 April 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Toyota Motor Corp mengumumkan debut global Sport Utility Vehicle (SUV) kompak terbarunya, Toyota Yaris Cross. Sedianya, peluncuran model terbaru Toyota ini akan dilakukan di Genewa Motor Show pada Maret 2020, tapi pameran otomotif tersebut harus dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Melansir Global Toyota, rencananya Toyota Yaris Cross akan dipasarkan di Jepang pada musim gugur tahun ini dan menyusul di pasar Eropa pertengahan 2021. Sayangnya, Toyota belum merilis estimasi harga Yaris Cross.

Toyota Yaris Cross dibangun menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) kelas B. Ini sama dengan Yaris generasi terbaru yang belum lama ini diperkenalkan ke publik.

[Baca Juga: Beli Mobil Toyota, Auto2000 Berikan Subsidi Cicilan 50 Persen]

Eksterior Yaris Cross.jpg

Dilihat dari eksterior, Yaris Cross sangat merepresentasikan kekokohan sebuah SUV. Wajar saja, karena mobil ini punya dimensi panjang 4.180 milimeter (mm), lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm. Sedangkan wheelbase sepanjang 2.560 mm, artinya lebih panjang 240 mm dari All New Toyota Yaris.

Kesan gagah juga hadir berkat penggunaan over fender yang dibalut warna hitam memanjang melalui side skirt hingga ke fender belakang. Apalagi velg yang digunakan juga ukurannya cukup besar, yakni 18 inci.

Interior Yaris Cross.jpg

Masuk ke dalam kabin, beberapa fitur disematkan. Pada bagian dasbor Yaris Cross sudah dilengkapi head unit berupa layar touchscreen . Layar tersebut juga sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto sebagai fiturnya.

Yaris Cross menggunakan mesin hybrid yang mengombinasikan mesin bensin 1.500 cc dan motor listrik yang mampu merilis tenaga 114 hp. Di mana tenaga dari mesin bensin akan disalurkan ke bagian roda depan.

Toyota Yaris Cross.jpg

[Baca Juga: RAV4 Plug-in Hybrid Jadi Produk Hybrid Unggulan Toyota]

Sedangkan mesin listrik akan menggerakan roda belakang jika diperlukan, misalnya pada kondisi medan yang membutuhkan grip lebih. Selain itu, Yaris Cross juga ditawarkan dengan mesin konvensional 1.500 cc khusus untuk pasar Eropa.

Spesifikasi teknis

Dimensi: 4.180 mm x 1.765 mm x 1.560

Wheelbase: 2.560 mm

Mesin: Bensin 1.5 liter 3 silinder Dynamic Force Engine

Hybrid THS II with reduction gear (1.5 liter Dynamic Force Engine)

Transmisi: Direct Shift-CVT dan Manual 6 percepatan

Penggerak: Penggerak depan (Bensin) dan ada opsi electric four wheel drive system (hybrid)

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift