Ilustrasi Parkir Mundur.jpg

Dear Pemula, Begini Cara Mudah Parkir Mundur

Rabu, 27 Maret 2019 11:00 | Galih Pratama

Sebagian pengendara pemula tentu kerap mengalami kesulitan saat parkir mobil, terutama parkir mundur di garasi rumah atau pusat perbelanjaan. Parkir mundur memang dianggap kurang bebas dalam hal penglihatan. Bagi yang tak pengalaman, kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tak kita inginkan.

Meski begitu, sebagai pengendara pemula Anda harus membiasakan, atau bahkan memaksakan diri untuk terus belajar parkir mundur. Kini, tak perlu takut dan ragu, ada sejumlah tips atau trik parkir mundur yang bisa praktikkan. Simak ulasannya di bawah ini.

1 Kuasai Area Parkir dengan Menoleh ke Belakang

Dilansir dari nissan.co.id, Rabu (27/3/2019), saat melakukan parkir mundur, ada baiknya Anda jangan hanya mengandalkan kaca spion saja. Sesekali, Anda menoleh ke belakang untuk melihat area parkir. Ketika menoleh ke belakang, jangan lupa juga melirik kanan-kiri.

Caranya cukup mudah. Letakkan tangan kanan di posisi roda kemudi pada arah jarum jam 12. Lepaskan tangan kiri, lalu menolehlah ke arah kiri untuk melihat kondisi tempat parkir dan ke mana Anda akan bergerak mundur.

[Baca Juga: Tiga Teknik Parkir Paralel yang Benar dan Mudah]

2 Pahami Arah Berbelok

Trik lain yang akan membantu ketika Anda melakukan parkir mundur adalah mengetahui arah kemudi saat mundur. Ini akan sangat membantu Anda menggerakkan buritan mobil. Ketika Anda ingin mobil mundur ke kanan, maka roda kemudi harus diputar ke kanan. Begitu juga sebaliknya. Hal memang akan sedikit rumit, tapi bila Anda sering berlatih parkir mundur, hal ini tak akan jadi masalah.

Ketika parkir mundur, cobalah Anda berkendara dengan pintu bagasi yang terbuka. Ini akan memudahkan Anda untuk melihat ke mana mobil akan bergerak. Bila semakin sering melakukan latihan ini, diyakini Anda akan terbiasa memahami pergerakan mobil saat mundur.

3 Gunakan Rem Untuk Mengendalikan Kecepatan

Menguasai penggunaan rem akan membantu dalam mengendalikan mobil saat melakukan parkir mundur. Misalnya, ketika Anda menginjak pedal gas terlalu keras, tentu rem harus diinjak dengan teratur. Hal tersebut sangat diperlukan agar ketika melakukan parkir mundur di gedung parkir tidak ada kejadian salah pedal yang mengakibatkan mobil mundur dan terjun bebas ke lantai bawah.

[Baca Juga: Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet]

4 Lihat ke Depan

Saat parkir mundur, perhatian Anda pasti lebih tertuju pada kondisi bagian belakang mobil. Namun, hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak menoleh ke depan. Anda tetap harus melihat depan meskipun dalam kondisi mobil mundur. Ini sama seperti ketika Anda wajib melihat spion saat melaju normal.

Tak perlu lama-lama melihat ke depan, cukup sekilas saja. Bagian depan mobil juga wajib dilihat. Ketika berbelok saat mundur, bisa saja moncong mobil Anda menabrak sesuatu di depan. Untuk itu, saat melihat ke depan, perhitungkan pula bahwa moncong mobil bebas dari halangan apapun ketika mobil mundur.

5 Jangan Tegang dan Terburu-buru

Tegang dan ingin buru-buru selesai parkir mundur. Dua hal tersebut memang selalu menghantui sebagian pengendara pemula saat parkir mundur. Sebaiknya, Anda santai saja dan jangan terburu-buru. Lakukan parkir mundur dengan perlahan namun pasti.

Itulah lima trik parkir mundur yang bisa dipelajari dan praktikkan bagi pengendara pemula. Semoga bermanfaat.