Komunitas Datsun DGCI.jpg

Datsun Akan Hengkang, Ini Respons Komunitas DGCI

Kamis, 28 November 2019 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Satu lagi, produsen mobil merek Datsun dikabarkan akan hengkang dari pasar otomotif Tanah Air. Kabar ini cukup mengejutkan semua pihak, terutama pemilik mobil Datsun yang tergabung dalam komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI).

Mereka (DGCI) pun telah menyatakan sikap resmi terkait kabar dihentikannya produksi Datsun pada Januari 2020. Menurut DGCI, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia sampai saat ini masih sangat berkomitmen terhadap pasar dan konsumen yang ada.

“Sampai hari ini pun masih terus memberikan dukungannya pada aktivitas DGCI terutama kegiatan sosial sebagai salah satu komunitas terbesar Datsun di Nusantara. Yang paling dekat, awal minggu pertama Desember ini NMI telah berkomitmen ikut memeriahkan gelaran perayaan 5th Anniv dan Jambore Nasional DGCI 2019 di Studio Alam TVRI, Depok,” tulis DGCI dalam website resminya seperti Otopedia kutip, Kamis (28/11/2019).

[Baca Juga: Tahun Depan Datsun Angkat Kaki dari Indonesia]

Menurut DGCI, meski angka penjualan Datsun turun, tapi kata mereka bendera Datsun akan berkibar terus di Indonesia. Buktinya, DGCI mengklaim anggotanya terus bertambah. Ke depan, DGCI yakin NMI akan terus berupaya memberikan layanan terbaik guna menyikapi perkembangan pasar otomotif.

“Kami Pengurus DGCI Pusat mewakili seluruh pengurus wilayah dan anggota yang tersebar mulai dari barat Sumatera sampai dengan timur Papua tetap pada sikap akan terus berkaya untuk Nusantara bersama Datsun,” sebutnya.

Sedangkan untuk layanan servis dan spare part, DGCI mengklaim bahwa layanan untuk di bengkel resmi akan tetap ada. Mengingat unit Datsun di Indonesia cukup banyak. Pihak NMI juga telah melakukan komunikasi dan pelayanan bagus kepada pemilik Datsun, terutama komunitas.

“Apapun yang dirumorkan, Datsun tetap eksis, lihat saja komunitasnya,” sebut DGCI dalam pernyataan tambahannya yang diterima Otopedia lewat pesan singkat.

[Baca Juga: Tidak Kuat Bersaing, Chevrolet Mundur dari Indonesia]

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Datsun di bawah naungan PT NMI rencananya akan menghentikan produksi pada tahun 2020. Kabar tersebut sepertinya akan menjadi kenyataan. Pasalnya, rencana penutupan pabrik Datsun milik NMI sudah dilaporkan secara sementara ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Mundurnya Datsun dari Indonesia tak lepas dari faktor penjualan yang terus menurun tiap tahunnya. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT NMI tidak mencatat penjualan sama sekali untuk Datsun Cross pada Oktober 2019.