Pembalap Sabrina Sameh.jpg

Dari Balap Motor, Sabrina Sameh Hijrah ke Balap Mobil

Rabu, 24 April 2019 13:00 | Galih Pratama

Muda dan berprestasi. Dua kata ini begitu tepat menggambarkan sosok bernama Sabrina Sameh. Dia adalah salah satu pembalap drag bike wanita Tanah Air yang punya segudang prestasi membanggakan.

Sejak usia 13 tahun, wanita kelahiran 26 Agustus 1994 ini telah melakoni dunia balap motor, khususnya drag bike. “Pertama kali tuh (ikut drag bike) gara-gara kakak. Dulu sempet curi-curi waktu ikut balap-balapan. Bahkan sampai ikut latihan road race pun pernah,” kenang Sabrina seperti dilansir dari motorrexpertz.com, Senin (22/4/2019).

Karirenya di dunia balap drag bike makin metereng ketika bergabung bersama tim Shit The Grid. Sederet prestasi pernah diraih Sabrina, misalnya juara 3 Trendipromo Mandira kelas 155 cc, juara 1 Miss IMS, juara 1 Miss Polytron, dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: 4 Pembalap Indonesia yang Mendunia]

Hijrah ke Balap Mobil

Prestasinya di dunia balap drag race ternyata membuat Toyota Team Indonesia (TTI) kepincut untuk ‘meminang’ wanita berdarah Bandung itu. Belum lama ini, Sabrina direkrut untuk menggantikan posisi Alinka Hadrianti yang tengah vakum dari dunia balap.

Masuknya nama Sabrina Sameh dalam jajaran tim TTI untuk ajang Kejurnas Gymkhana 2019 ini memang bisa dibilang kejutan. Mengingat Sabrina tak memiliki background balap mobil. Dia lebih dikenal sebagai pembalap di ajang drag race.

Pembalap TTI Sabrina Sameh.jpg

Banting setir dari dunia balap drag race ke balap mobil tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Sabrina. "Tantangannya cukup berat sih. Pertama aku posisinya menggantikan Alinka. Kedua, mungkin banyak yang berpikir kok bisa perempuan yang tidak ketahuan latihannya kapan, suka mobilnya kapan, tiba-tiba masuk TTI," ujarnya seperti dilansir dari mobimoto.com.

Meski begitu, dia mengaku saat ini terus giat berlatih. Mulai dari latihan fisik, teknis balap mobil, hingga terus mengikuti arahan dari pembalap senior seperti Haridarma Manoppo. "Latihannya mulai jam 09.00 sampai 17.30 WIB. Capek sih tapi menyenangkan. Kadang istirahat sebentar kadang lama," kata Sabrina.

[Baca Juga: Mengenal Alexandra Asmasoebrata Pembalap Gokart Pertama Indonesia]

Untuk balapan pertamanya, Sabrina tak memiliki target muluk-muluk. Dirinya hanya akan berusaha membiasakan dan beradaptasi dengan kejuaran Gymkhana 2019. "Kalau untuk balapan pertama nanti sih mungkin saya nggak mau pasang target muluk-muluk dulu ya. Mungkin ingin adaptasi dulu, karena pasti kan balapan pertama mungkin ada demam panggungnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, TTI sendiri adalah juara bertahan pada gelaran Kejurnas Gymkhana 2018 melalui nama Adrianza Yunial, yang sukses mempersembahkan trofi juara bagi TTI di kelas F (modifikasi). Lalu, apakah kehadiran Sabrina Sameh mampu mempertahankan gelar juara tersebut? Patut kita tunggu aksi pembalap wanita berparas cantik ini.