mobil terendam banjir.jpg

Daihatsu Gratiskan Pemeriksaan Mobil Pelanggannya yang Terendam Banjir

Selasa, 7 Januari 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Akibat banjir beberapa waktu lalu yang terjadi di kawasan Jakarta dan sekitarnya, ratusan mobil menjadi korban akibat bencana tersebut. Banyak mobil yang terendam dan diyakini mengalami kerusakan parah. Sebagai bentuk dukungan terhadap korban banjir, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan layanan purna jual Daihatsu Peduli Banjir, khususnya bagi konsumen mobil Daihatsu.

“Kami turut prihatin dan siap membantu pelanggan yang membutuhkan perbaikan kendaraan paska banjir. Kami berharap, semoga program ini dapat meringankan beban pelanggan yang terdampak banjir, sehingga kendaraannya bisa kembali prima dan beraktivitas seperti sedia kala,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, Selasa (7/1/2020).

Program Daihatsu Peduli Banjir berlaku dari 2 Januari - 29 Februari 2020 di seluruh dealer resmi Daihatsu di wilayah Jabodetabek. Dalam program ini, ADM memberikan layanan evakuasi dengan menghubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat dan pemeriksaan kendaraan secara gratis bagi pelanggan mobil Daihatsu yang terdampak atau terendam banjir.

[Baca Juga: Auto2000 Berikan Diskon Khusus Perbaikan Mobil Pasca Banjir]

Tak sebatas itu, ada juga diskon atau potongan harga untuk sejumlah layanan. Untuk layanan jasa, suku cadang, dan oli contohnya, ADM memberikan potongan harga 15 persen. Ada juga diskon 20 persen untuk layanan pembersihan kabin, dan layanan salon mobil.

Apabila mobil membutuhkan evakuasi, pemilik mobil harus memperhatikan jenis transmisi kendaraan yang dimilikinya. Pasalnya, mobil transmisi manual dan matik memiliki perlakuan yang berbeda.

Misalnya, untuk transmisi kendaraan manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan, khusus transmisi kendaraan automatic, mobil harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

Hal lain yang harus diperhatikan pasca banjir adalah komponen kelistrikan seperti ECU, Relay, dan Junction Block. Yang harus dihindari adalah menyalakan mobil setelah terendam banjir, karena dapat menyebabkan hubungan pendek atau kerusakan serius pada komponen elektrikal mobil. Pastikan keadaan komponen elektrikal kering seluruhnya ketika ingin menyalakan mobil.

[Baca Juga: Tips Pertolongan Pertama Jika Mobil Terendam Banjir]

Lalu, perhatikan juga komponen interior seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan headlining. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC agar tidak menyebabkan penumpukan kotoran, jamur, aroma tidak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin.

Terakhir, perbaikan komponen eksterior seperti dent atau baret pada panel bodi karena dipengaruhi tingginya air dan berdampak pada estetika mobil.