Panaskan Mesin Mobil

Cek Penyebab Mobil Sulit Distarter

Rabu, 22 April 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Pemerintah telah menetapkan larangan mudik Lebaran 2020. Masyarakat yang berencana mudik ke kampung halaman dengan mobil pribadi harus menghadapi kenyataan ini. Sehingga mobil kesayangan makin lama diparkir di garasi rumah.

Mobil yang lama tidak gunakan sangat berisiko mengalami masalah. Misalnya sulit distarter ketika ingin dipanaskan atau digunakan. Memang banyak faktor yang menyebabkan mobil mengapa sulit distarter. Lalu, apa saja penyebabnya? Berikut uraiannya.

1. Cek aki

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi aki mobil. Pasalnya, komponen ini merupakan bagian penting dari sistem kelistrikan sebuah kendaraan.

Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kondisi level air aki serta memeriksa tegangan listrik.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Aki Mobil Tetap Awet]

2. Busi kotor atau rusak

Selain aki, busi juga merupakan komponen penting yang berada dalam sistem starter mobil. Busi yang bermasalah berdampak pada starter yang sulit menyala.

Umumnya, permasalah pada busi disebabkan karena kondisi busi yang kotor atau ada kerusakan. Apabila kotor, ada baiknya busi dibersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus.

Namun, jika bermasalah karena disebabkan busi yang sudah rusak, lebih baik segera untuk menggantinya dengan yang baru.

3. Alternator rusak

Penyebab lain mobil sulit distarter adalah alternator atau dinamo ampere yang rusak. Alternator merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil pun pasti tak akan bisa menyala walau aki dalam kondisi baik.

Umumnya, kerusakan alternator terjadi pada mobil-mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Bila menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan di bengkel.

4. Koil terlampau panas

Salah satu ciri koil bermasalah adalah suhu yang terlampau panas. Apabila mobil sulit dinyalakan, bisa jadi koil tidak berada dalam kondisi optimal.

Seperti diketahui, koil memiliki kegunaan untuk menggandakan tegangan listrik yang lebih besar ke aki. Arus listrik tersebut lalu akan mengalir ke busi dan menimbulkan percikan api.

[Baca Juga: Jangan Ragu Periksa Kondisi Busi Ketika PSBB]

5. Kerusakan Water Temperature Sensor

Water Temperature Sensor atau sensor suhu juga berpotensi membuat mobil susah distarter. Bila terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti