Ilustrasi ganti minyak rem.jpg

Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

Kamis, 27 Juni 2019 17:00 | Galih Pratama

Rem merupakan piranti penting di kendaraan yang kondisinya harus dalam kondisi prima. Agar tetap terjaga fungsi pengereman, pemilik kendaraan tentunya wajib melakukan perawatan komponen ini secara rutin. Terlebih, rem memiliki sejumlah komponen yang harus diganti secara berkala.

Salah satu komponen yang tak boleh dilupakan pada rem adalah minyak rem. Komponen ini juga seperti kampas rem ataupun disk brake yang memiliki batas pemakaian. Memang jika dibanding keduanya (kampas rem dan disk brake), minyak rem mobil punya batas pemakaian yang cukup panjang.

[Baca Juga: Rem Blong, Begini Cara Mengatasinya]

Meski begitu, minyak rem juga harus diganti yang disesuaikan dengan pemakaian kendaraan. Melansir ccn.indonesia, Kamis (27/6/2019), waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem adalah setiap per 20.000 kilometer. Pada rentang waktu tersebut, minyak rem dapat terkontaminasi air.

Jika tak diganti, semakin banyak kandungan air di dalam minyak rem. Ini akan berdampak kurangnya kemampuan pengereman. Selain itu, kondisi kepadatan jalan seperti di Jakarta, tentunya dapat membuat minyak rem bekerja lebih keras. Pada posisi itu, kendaraan bakal berjalan dan berhenti (stop and go) terus menerus.

Sebelum mengganti minyak rem, Anda juga harus perhatikan kualitas minyak rem yang akan digunakan pada mobil Anda. Berikut kategori minyak rem yang berkualitas seperti dilansir dari suzuki.co.id:

[Baca Juga: Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet]

  1. Minyak rem harus memiliki nilai titik didih yang tinggi agar tidak mudah menguap.
  2. Minyak rem harus dilengkapi dengan fitur khusus untuk mencegah timbulnya karat atau korosi.
  3. Minyak rem harus ramah terhadap karet seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran.
  4. Minyak rem harus memiliki nilai viskositas atau kekentalan yang tepat agar saat diberikan tekanan, minyak rem ini mampu meneruskan tekanan tersebut, meskipun sedang berada di suhu ekstrem.
  5. Minyak rem tidak boleh menimbulkan endapan. Pasalnya, jika hal ini terjadi, endapan pada sistem rem justru berisiko menyumbat aliran minyak rem itu sendiri.

Memilih dan mengganti minyak rem mobil berkualitas penting dilakukan untuk menjaga kinerja rem. Sehingga optimalisasi sistem pengereman bisa berjalan dengan lancar dan berkendara pun akan aman.

Artikel Lainnya

/media/images/Ilustrasi_Kaca_Film.original.jpg

Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil

/media/images/Transmisi_Otomatis.original.jpg

Tiga Hal Sepele Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

/media/images/Filter_Oli.original.jpg

Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli

/media/images/Ilustrasi_ban_mobil.original.jpg

5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti