Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan.jpg

Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan

Senin, 28 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Saat ini tren pengguna kendaraan jenis SUV meningkat, termasuk di jalanan Indonesia. Jenis kendaraan ini banyak diminati, sebab memiliki keunggulan yang sesuai dengan bentang alam. Apalagi dengan konfigurasi tujuh penumpang, yang makin jadi daya tarik. Namun ada hal yang mesti diperhatikan. Setiap jenis kendaraan punya benang merah terhadap cara penanganannya masing-masing.

Salah satu ciri SUV adalah memiliki tubuh besar, ground clearance tinggi, dan bobot yang berat. Oleh karena itu cara mengemudikan SUV perlu memperhatikan beberapa hal. Utamanya adalah menghindari pergerakan mendadak seperti pindah jalur atau menikung, apalagi Anda melakukan manuver ini dengan kecepatan tinggi.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Tentu Faktor keamanan adalah hal yang paling harus diperhatikan dalam mengemudikan SUV. Sebab perannya sangat besar demi mencegah kecelakaan. Memahami dinamika berkendara sangat penting, terutama bagi yang terbiasa mengendarai sedan atau mobil perkotaan. Sebab cara mengambil sudut saat tikungan amatlah berbeda. Tak boleh mendadak, tak bisa menikung dengan cepat, dan tetap waspada jarak mengemudi dengan kendaraan lain.

Simak artikel otopedia.com, berikut ini cara tepat mengemudi SUV di jalanan:

  1. Mata Tetap Waspada
Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan.jpg

Saat berkendara di jalanan, mata Anda harus tetap waspada atau terus bergerak. Usahakan perhatikan lurus ke depan, spion dan tetap mengamati kondisi jalanan. Selain mencegah kantuk, langkah ini erat kaitannya dengan komunikasi. Bukan berbicara, melainkan Anda berkomunikasi dengan pengguna mobil lain di jalan, yang menghasilkan reaksi seperti pemakaian klakson dan lampu.

2. Jaga Jarak

Sebagai kendaraan bertipe besar, SUV memiliki bobot lebih berat dari mobil lainnya. Terlebih saat kondisi jalanan sedang ramai, membuat kecepatan melesat dengan kendaraan lain akan sama. SUV membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang dari mobil lain, dengan begitu atur jarak lebih. Setidaknya beri ruang jarak antar mobil yang berada di depan Anda.

Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan.jpg

Dilansir dari oto.com Setidaknya beri jarak mobil kita dengan mobil depan selama empat detik. Bukan dihitung berdasarkan angka jarak atau rentang panjang. Semakin kita cepat bergerak, empat detik dari mobil depan, berarti makin jauh jarak amannya. Kenapa empat detik? Begini alasannya. Satu detik respon mata kepada otak. Satu detik berikutnya respon otak terhadap perintah kaki. Satu detik kaki untuk menyentuh pedal rem dan satu detik lagi respon rem terhadap roda. Jadi totalnya empat.

3. Visibilitas

Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan.jpg

Hal utama ketika ingin berkendara menggunakan SUV, cobalah amati sekeliling terlebih dahulu. Pastikan posisi Anda bisa melihat ke segala arah dan nyaman untuk berkendara. Dimensi yang cenderung besar membuat sudut pandang berkendara kadang terbatas. Ada beberapa blind spot (sudut tak terlihat). Namun Anda bisa mengakalinya dengan sering menggerakkan mata dan melihat ke spion. Lebih baik posisi kaca spion diatur sedikit agak bawah agar bagian bodi mobil terlihat.