Cara Merawat Velg Mobil Tetap Kinclong

Cara Mudah Merawat Velg Mobil Tetap ‘Kinclong’

Senin, 4 Februari 2019 15:00 | Galih Pratama

Velg adalah salah satu komponen penting pada mobil. Komponen ini menjadi penyangga ban pada mobil. Posisinya yang berada di bawah sebagai ‘kaki’, membuat velg rentan dengan kotoran. Apalagi di musim penghujan, kemungkinan besar jejak kotoran yang menempel sangat tinggi. Kotoran yang sudah mengerak, biasanya sulit untuk dihilangkan.

Agar velg mobil tetap mengilap, tentunya memerlukan perawatan yang ekstra. Perawatannya memang tak mudah, tapi ada beberapa tips yang akan membantu Anda dalam merawat serta membersihkan velg, baik yang berbahan aluminium maupun kromium. Berikut penjelasan tips merawat velg.

[Baca Juga: Air Suspension]

1 Gunakan Aluminium Foil

Khusus velg berbahan dasar kromium, bisa menggunakan bahan aluminium foil untuk membersihkannya. Seperti dilansir dari idntimes.com pada Jumat (28/12/2018), langkah pertama membersihkan velg kromium dengan aluminium foil adalah mencuci velg terlebih dahulu menggunakan sabun cuci mobil.

Setelah dicuci dan kondisinya sudah kering, ambil aluminium foil serta gosokkan ke permukaan velg yang terdapat noda atau karat. Jika karat atau kotoran hilang, siram dengan air bersih dan lap sampai kering.

2 Gunakan Pasta Gigi

Tak hanya aluminium foil, pasta gigi ternyata mampu membersihkan noda membandel pada velg berbahan kromium. Cara membersihkannya pun mudah. Pertama, terlebih dahulu cuci velg dan dilap hingga kering. Setelah itu, oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan velg. Diamkan beberapa menit hingga pasta gigi setengah kering, kemudian dilap menggunakan kain lembut.

3 Gunakan Minuman Bersoda

Bagi Anda yang memiliki velg berbahan dasar aluminium atau disebut juga dengan alloy wheels, bisa menggunakan minuman ringan bersoda. Seperti dilansir dari showroommobil.com, minuman bersoda memiliki tingkat kemasaman yang tinggi dan berguna untuk merontokkan karat.

Langkah pertama membersihkan velg dengan air soda adalah membersihkan velg terlebih dahulu hingga bersih. Setelah velg kering, tuangkan minuman bersoda ke permukaan velg yang kotor atau berkarat, dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, barulah velg digosok dengan spon cuci piring yang halus secara perlahan hingga karat rontok. Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan.

[Baca Juga: Disk Brake]

4 Amplas Waterproof

Cara lain menghilangkan kotoran atau karat pada velg berbahan dasar aluminium adalah dengan amplas waterproof. Anda siapkan amplas waterproof yang memiliki paling halus. Lalu, amplas permukaan velg dan siram dengan air untuk membantu melicinkan gosokan. Gosok permukaan yang menghitam sampai halus dan mengilap. Setelah dirasa mengilap, lalu keringkan velg. Untuk mendapatkan hasil sempurna, semprot cairan khusus pengilap velg agar terlihat ‘kinclong’.