Cara-Mudah-Merawat-Power-Window.jpg

Cara Mudah Merawat Power Window

Jumat, 16 November 2018 16:00 | Galih Pratama

Sistem power window tentunya sudah umum diterapkan di pintu mobil-mobil keluaran terbaru. Sistem ini mempermudah pengemudi maupun penumpang untuk membuka dan menutup kaca jendela mobil. Cukup tekan tombol power window, kaca mobil akan turun dan naik dengan sendirinya.

Kinerjanya memang sangat membantu, tapi power window juga tetap harus diperhatikan oleh pemilik mobil. Pasalnya, terkadang pemilik mobil menemui power window dalam mobilnya tersendat atau macet ketika saat menaikkan ataupun menurunkan kaca.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Dilansir dari auto2000.co.id pada Kamis (15/11/2018), jika kinerja power window tersendat, hal itu biasanya disebabkan oleh karet kaca dan rel power window yang kotor. Untuk menjaga kebersihan kedua komponen tersebut, dianjurkan pemilik mobil untuk rutin memeriksa dan membersihkannya setiap enam bulan sekali.

Lain halnya, jika Anda memiliki rutinitas dengan melewati jalanan berdebu. Ada baiknya Anda lebih sering membersihkan power window. Jika dibiarkan, akibatnya debu akan menumpuk di power window. Tumpukan debu tersebut bisa merusak kinerja dari power window mobil Anda.

Cara-Mudah-Merawat-Power-Window-luar.jpg

Khusus untuk membersihkan karet kaca power window, Anda cukup menyiapkan silicone spray. Namun jangan sekali-kali menggunakan cairan penetral. Cairan tersebut justru akan memperbanyak debu yang menempel. Selain itu, perhatikan juga karet penghalang debu yang menempel pada kaca sebelum diturunkan. Semprot sepanjang jalur karet, termasuk karet yang menempel pada frame pintu.

Sementara untuk merawat rel power window yang kotor, Anda disarankan untuk rutin mencuci mobil, terutama setelah melakukan perjalanan jauh. Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan sampo mobil dengan kualitas terbaik agar kelembapan dan elastisitas karet tetap terjaga.

[Baca Juga: 4 Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat]

Cara terakhir untuk menjaga agar power window mobil Anda awet adalah menggunakan power window seperlunya saat berkendara. Dilansir dari metrotvnews.com, pengemudi dan penumpang disarankan untuk tidak menurunkan kaca mobil saat kondisinya sedang basah. Tak kalah pentingnya adalah mengoperasikan tombol power window secara halus. Tujuannya agar arus listrik yang mengalir dengan baik pada sistem elektris power window.

Menjaga kinerja efektif power window sangat penting dilakukan agar kenyamanan dan keamanan berkendara terjamin dengan baik. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik