Ilustrasi membersihkan mobil cat putih.jpg

Cara Mudah Merawat Mobil Putih Agar Tak Menguning

Selasa, 23 April 2019 9:00 | Galih Pratama

Memiliki mobil berkelir putih memang punya daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Di sisi lain, sebagian orang beranggapan bahwa memiliki mobil berwarna putih perlu perawatan ekstra ketimbang warna lain, mengingat warna putih sangat mudah terlihat kotor. Untuk itu, pemilik mobil harus sering membersihkannya.

Jika malas membersihkannya, bukan tidak mungkin cat mobil kesayangan Anda akan cepat terlihat kusam, bahkan menguning. “Memiliki mobil dengan warna terang, khususnya putih memang menjadi tantangan tersendiri. Terutama alam hal perawatannya dibutuhkan effort agar warnanya tetap cerah dan menguning,” kata Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Kenjeran Yusuf Bahtiar, seperti dilansir auto2000.co.id, Selasa (23/4/2019).

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Velg Mobil Tetap ‘Kinclong’]

Dijelaskannya, fenomena mobil berwarna putih yang menguning biasanya dikarenakan turunnya level glossy yang disebabkan kurangnya perawatan dari pemilik mobil. Misalnya membiarkan mobil terlalu lama dalam kondisi kotor, parkir di lokasi tanpa atap, dan sebagainya. “Kondisi-kondisi tersebut bila diakumulasikan dapat menyebabkan perubahan warna pada mobil berkelir putih akan semakin cepat terjadi,” ujar Yusuf.

Untuk mencegah hal tersebut, Yusuf menyarankan para pemilik mobil putih rajin melakukan perawatan. Perawatannya pun tak harus melulu ke salon mobil, Anda cukup mulai dari hal-hal yang sederhana untuk mencegah cat mobil menguning.

“Pertama rajin mencuci atau membilas terutama saat habis kehujanan, hindari memarkirkan mobil dalam kondisi tanpa atap, untuk pemolesan bisa dilakukan tapi tidak perlu terlalu sering,” saran Yusuf.

[Baca Juga: Habis Diguyur Hujan, Mobil Sebaiknya Segera Dicuci]

Jika terlanjur sudah menguning, ada cara lain yang bisa ditempuh pemilik mobil, yakni menggunakan cairan khusus, seperti Meguiar's White Wax. Namun perlu diingat, pemakaian cairan khusus ini tak bisa sembarangan.

“Sebelum menggunakan cairan khusus ini, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pencucian seluruh mobil hingga bersih,” kata Adetio Nasution, Professional Trainer dari Meguiar's Indonesia seperti dilansir gridoto.com.

Selain itu, lanjut Adetio, saat melakukan pencucian dengan air, hindari melakukannya saat kondisi mesin panas karena akan mengakibatkan perubahan suhu yang mendadak. "Sebaiknya, lakukan pencucian pada saat suhu udara tidak terlalu tinggi dan minim paparan sinar matahari," tutupnya.