Cara Mudah Merawat Klakson Mobil.jpg

Cara Mudah Merawat Klakson Mobil

Kamis, 31 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Sebagai alat komunikasi, bunyi pada klakson seharusnya cukup keras tapi tidak sampai mengganggu pendengaran. Sebab jika terlalu lemah bunyi klakson tidak akan terdengar oleh pengguna jalan lain. Kalaupun klakson mati itu merupakan hal yang wajar. Karena klakson sendiri terhubung pada arus listrik. Sehingga jika ada arus listrik yang terputus, maka tidak akan menimbulkan getaran dan klakson pun tidak akan mengeluarkan bunyi. Tapi bagaimana dengan bunyi klakson yang menjadi pelan?

Klakson mobil yang tiba -tiba menjadi pelan ternyata ada penyebabnya. Seperti dilansir dari showroommobil.com standarisasi klakson yang baik harusnya berbunyi sebanyak 10.000 kali. Artinya, jika pada satu hari Anda membunyikan lima kali, maka secara otomatis klakson dapat bertahan hingga 2000 hari atau sekitar lima hingga enam tahun. Namun, banyak pula beberapa klakson mobil yang sudah turun kualitasnya pada usia satu hingga empat tahun.

[Baca Juga: Saling Hormati Pengguna Jalan, Berikut Etika Bunyikan Klakson Mobil]

Berdasarkan dari hal di atas, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat klakson yang baik, agar tahan lama. Simak artikel berikut ini, untuk tahu lebih lengkapnya:

  1. Jangan Terlalu Keras Menekan Klakson

Saat Anda menekan klakson mobil, jangan menekannya terlalu keras. Apabila Anda menekan terlalu keras, tekanan dapat mengenai saklar klakson yang berakibat klakson tidak berfungsi. Jangan pula menekan terlalu lama, karena klakson dapat cepat memanas yang mengakibatkan cepat rusak. Sedangkan saat Anda menekan klakson setengah-setengah, ini dapat memicu percikan api yang membahayakan komponen mobil. Hal tersebut dapat membuat umur klakson lebih pendek.

Jangan Terlalu Keras Menekan Klakson.jpg

Cara paling baik menekan klakson adalah, cukup satu hingga tiga kali, itupun dengan syarat memerhatikan situasi juga. Cara penekanannya jangan terlalu keras, tapi cukup dipinggir dengan pelan. Dengan begitu, setidaknya kualitas dan umur klakson dapat bisa lebih panjang.

2. Klakson Jangan Dimainkan

Klakson Jangan Dimainkan.jpg

Penggunan klakson dapat berpengaruh terhadap awetnya klakson itu sendiri. Semakin Anda gunakan klakson untuk hal yang tidak penting, percikan api di dalam klakson tetap menyala. Dengan demikian, gunakanlah klakson pada saat penting saja, seperti sedang berada di jalan raya dan menjumpai kendaraan yang dirasa membahayakan.

3. Pahami Kualitas Klakson

Pahami Kualitas Klakson.jpg

Sebagai salah satu komponen vital pada mobil, Anda harus perhatikan keawetan klakson. Untuk menjaga keawetan klakson sendiri, Anda harus melihat dari kualitas klakson yang digunakan. Jangan tergiur dengan harga yang murah, namun kualitas rendah. Pilihlah karena fungsi klakson itu penting, bukan hanya untuk bersenang-senang atau sebatas gaya-gayaan saja.