Kamera dan Sensor Parkir Mobil.jpg

Cara Mudah Merawat Kamera dan Sensor Parkir Mobil

Rabu, 8 Mei 2019 14:00 | Galih Pratama

Kini, hampir seluruh mobil keluaran baru dilengkapi dengan kamera dan sensor parkir. Dua komponen ini memang telah menjadi fitur standar untuk membantu pengendara. Khususnya bagi pengendara pemula yang tengah melakukan parkir mundur.

Agar tetap bekerja maksimal, kedua komponen ini juga membutuhkan perawatan dari pemilik mobil. Terlebih, kamera dan sensor parkir mobil termasuk ke dalam perangkat elektrik yang cukup rentan rusak. Lalu, bagaimana cara merawat kamera dan sensor parkir mobil?

Melansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, Rabu (8/5/2019), sebenarnya merawat dua komponen ini tak terlalu sulit. Fokus utamanya justru bagaimana cara menjaga kebersihan dua komponen tersebut.

[Baca Juga: Rain Sensor]

Untuk itu, pastikan dua komponen tersebut bebas dari debu, lumpur, atau kotoran-kotoran lainnya. Menjaga kebersihan komponen tersebut amat penting, agar fitur tersebut bisa berfungsi dengan baik, terutama sensornya.

Sensor merupakan komponen yang memiliki tugas mendeteksi adanya objek yang dekat. Jika dalam kondisi kotor atau ada kotoran yang menutupi sensor, sudah dipastikan kinerjanya bisa terganggu.

Ada baiknya sebelum Anda beraktivitas, periksalah kondisi kamera dan sensor pakir mobil Anda. Jika kotor, Anda bisa membersihkannya dengan lap bersih yang kering. Jika kotoran yang menempel sulit dibersihkan, bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi sedikit air.

Namun perlu diingat juga, saat membersihkan kedua komponen ini jangan menyiram area ini dengan semprotan air bertekanan tinggi atau dikenal juga dengan cuci steam. Sensor parkir memang waterproof, tetapi jangan juga disemprot memakai steam pressure karena bisa berisiko mengakibatkan arus pendek alias korsleting.

[Baca Juga: Dear Pemula, Begini Cara Mudah Parkir Mundur]

Cukup mudah bukan cara merawatanya? Sayanya, kebanyakan pemilik mobil sering kali melupakan perawatan dua komponen ini. Padahal, fitur ini sangat penting untuk menunjang saat berkendara. Jadi, mulai sekarang perhatikan dan lakukan perawatan pada kedua komponen tersebut di mobil Anda. Demi menjaga keselamatan dalam berkendara.