Cara-Mudah-Menjaga-Aki-Mobil-Tetap-Awet.jpg

Cara Mudah Merawat Aki Mobil Tetap Awet

Minggu, 17 Februari 2019 14:00 | Galih Pratama

Aki merupakan bagian vital dalam sebuah kendaraan. Fungsinya untuk menyuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil atau motor. Seperti lampu, injeksi, fitur kabin, alarm, hingga Electronic Control Unit (ECU).

Jika aki bermasalah, tentu perjalanan Anda akan mengalami gangguan. Untuk itu, aki juga perlu mendapatkan perawatan khusus. Lalu bagaimana cara merawat aki agar tetap terjaga dan berfungsi optimal, serta awet? Berikut ini ulasan tipsnya.

1 Panaskan Mobil Secara Berkala

Dilansir dari nissan.co.id pada Selasa (15/1/2019), jika mobil Anda jarang digunakan atau cenderung terparkir lama, ada baiknya Anda rajin untuk memanaskan mesin mobil. Cukup panaskan mesin mobil minimal dengan durasi 5 – 10 menit. Apabila mesin mobil tak pernah dipanaskan, bisa berakibat aki cepat rusak atau soak.

2 Matikan Perangkat Kelistrikan

Sebelum Anda mematikan mesin, jangan lupa terlebih dahulu mematikan perangkat pada mobil. Misalnya AC, lampu, dan radio. Seperti dilansir dari chevrolet.co.id, jika tak dinonaktifkan ketika mesin mobil dimatikan, perangkat tersebut akan memakan banyak daya listrik. Akibatnya, aliran listrik pada aki akan cepat habis.

[Baca Juga: Berbagai Aki yang Harus Anda Kenali]

3 Rutin Membersihkan Aki

Aki juga wajib dibersihkan secara rutin. Jika tak diperhatikan kebersihannya, terminal aki akan tertutup oleh debu dan kotoran. Akibatnya, aki akan sulit menghantarkan listrik ke komponen lain. Untuk membersihkan aki pun sangat mudah. Cukup gunakan sikat kawat atau plastik untuk membersihkannya.

4 Hindari Modifikasi Mobil

Memodifikasi memang mampu meningkatkan penampilan mobil. Namun memodifikasi juga perlu memperhatikan banyak hal. Selain risiko pada keselematan penumpang, memodifikasi khususnya pada sistem audio juga bisa memicu aki sering bermasalah. Bahkan, bisa berakibat pada kerusakan.

5 Cek Volume Aki

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah volume air aki. Air aki yang sudah menipis biasanya menyebabkan mobil Anda sulit untuk dinyalakan. Untuk itu, jangan biarkan volume aki mobil Anda berkurang. Segeralah isi ulang air aki mobil. Tapi, perlu diingat, ada dua jenis air aki yang dijual di pasaran. Khusus untuk pengisian atau tambahan air aki, Anda harus gunakan air aki dengan kemasan berwarna biru.

[Baca Juga: Jumper]

Demikian lima tips untuk menjaga kinerja aki mobil tetap optimal dan awet. Caranya pun mudah dan bisa dilakukan di rumah. Selama mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil