Cara Mudah Ketahui Freon AC Mobil Masih Bagus atau Tidak.jpg

Cara Mudah Ketahui Freon AC Mobil Masih Bagus atau Tidak

Senin, 11 Februari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Bagi pemilik mobil, mempunyai sistem pendingin tentu membuat berkendara semakin nyaman. Dalam sistem pendingin sendiri terdapat cairan pendingin yang disebut sebagai freon. Fungsi dari freon ini sangatlah penting, sebab jika freon sudah tidak bagus, maka kinerja dari sistem pendingin mobil pun tidak maksimal. Seperti yang diketahui bersama, freon AC akan mengalir di pipa yang kemudian disirkulasikan oleh kompresor.

[Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin]

Untuk mengetahui apakah freon mobil masih bagus atau tidak, pemilik mobil pasti akan membawanya langsung ke bengkel. Tentu hal tersebut akan mengeluarkan banyak biaya, terlebih jika harus bongkar pasang. Untungnya, terdapat cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengetahui kondisi dari freon.

Melansir Gridoto untuk melakukan pengecekan paling mudah, yakni pada bagian pipa yang terdapat lubang kaca. Posisi lubang kaca sendiri pada umumnya terletak di balik kap mesin dekat dengan kompresor AC. Lubang tersebut dapat menunjukkan apakah freon AC masih bagus atau tidak.

Bila freon sudah habis atau terdapat kebocoran, di dalam lubang kaca tersebut akan terlihat busa putih. Sedangkan dalam keadaan normal tidak akan mengeluarkan busa putih saat AC dihidupkan.

Freon Mobil.jpg

Cara tersebut seringkali dilupakan, karena dianggap tidak penting. Padahal dengan mempraktikkan cara tersebut, pemilik mobil dapat melihat kesehatan AC mobil. Tidak hanya itu saja, apabila setelah dilakukan pengecekan ternyata terdapat kebocoran pada pipa, lama -kelamaan freon pun akan cepat habis, jadi percuma saja jika terus menerus menambah isi freon.