knalpot berkarat.jpg

Cara Mudah Hilangkan Karat pada Knalpot Mobil

Kamis, 31 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Knalpot adalah salah satu komponen pada mobil yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran pada mesin. Karena letak dari knalpot sendiri yang sering terkena cipratan air dan juga sinar matahari, maka komponen ini mudah berkarat jika dibandingkan dengan bagian mobil lainnya. Seperti dilansir dari mobilku.org terdapat tiga penyebab mengapa knalpot mudah berkarat:

knalpot berkarat.jpg
  1. Karena embun yang terjebak di dalam knalpot
  2. Adanya air yang terjebak di dalam akibat pemakaian BBM
  3. Bagian luar tidak pernah dibersihkan

Ketiga poin di atas merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab knalpot kendaraan mudah berkarat. Bahkan ada beberapa sumber yang berpendapat, jika menggunakan BBM beroktan tinggi seperti pertamax dalam jangka panjang, knalpot dapat lebih cepat berkarat. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan khusus agar knalpot mobil Anda tidak cepat berkarat. Apabila sudah terlanjur, tetap harus ada penanganan khusus yang wajib Anda lakukan.

[Baca Juga: Penyebab dan Solusi Memperbaiki Asap Knalpot Hitam]

Terkait hal di atas, berikut ini solusi untuk mencegah dan menghilangkan karat pada knalpot mobil:

knalpot berkarat.jpg
  1. Rutin memanaskan mobil, paling tidak seminggu dua kali meski Anda jarang memakai mobil tersebut. Memanaskan mobil merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan. Sebab, memanaskan mobil dapat menghilangkan air atau embun dalam knalpot, serta dapat memelihara kesehatan aki mobil.
  2. Gosok dengan ampas atau sikat kawat halus. Untuk menggunakan cara ini, Anda tinggal oleskan beberapa cairan penghilang dan antikarat pada knalpot. Kemudian gosok bagian knalpot secara perlahan. Perlu dicatat, saat menggosok, jangan lakukan terlalu kencang. Sebab, gesekan yang terlalu kencang dapat menggores permukaan knalpot. Setelah knalpot digosok berulang hingga bersih, oleskan pula pelumas atau sisa oli mesin.
  3. Untuk menghilangkan karat pada bagian dalam knalpot, Anda bisa teteskan oli bekas pada ujung knalpot. Jangan lupa, saat meneteskan oli bekas, masukan juga oli di sela-sela karat pada knalpot. Setelah diberi oli bekas, knalpot mengeluarkan asap putih dan Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Hal itu pertanda bahwa oli sedang bereaksi di dalam knalpot untuk merontokkan karat-karat di dalam knalpot. Cara yang satu ini terbilang cukup ampuh untuk merontokkan karat pada bagian dalam knalpot.