Ini Cara Mudah Atasi Baret pada Bodi Mobil

Cara Mudah Atasi Baret pada Bodi Mobil

Jumat, 8 Februari 2019 17:00 | Galih Pratama

Hampir semua pengemudi pasti pernah mengalami kecelakaan ringan. Contohnya terserempet atau keserempet kendaraan lain. Kondisi tersebut biasanya mengakibatkan goresan atau baret pada bodi mobil. Baret pada mobil tentunya akan mengurangi nilai estetika kendaraan kesayangan Anda.

Jika Anda ke bengkel, pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memperbaiki baret di mobil. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk memperbaiki goresan pada mobil. Simak beberapa tips yang telah dirangkum Otopedia.com untuk memperbaiki goresan di mobil.

[Baca Juga: Begini Perawatan Jok Kulit yang Benar]

1 Ukur Kedalaman Goresan

Seperti dilansir dari okezone.com pada Senin (7/1/2019), hal pertama yang Anda harus lakukan ketika bodi mobil mengalami goresan adalah mengukur kedalaman goresan. Diketahui, setiap mobil memiliki empat jenis lapisan, yakni lapisan bening, warna, primer, dan baja.

Apabila goresannya hanya sedalam lapisan bening, maka lecet tersebut diyakini akan lebih mudah dihilangkan. Namun, jika goresan mobil Anda berwarna, kemungkinan besar lecet tersebut cukup dalam. Untuk masalah ini, Anda harus ke bengkel untuk memperbaikinya.

2 Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi ternyata bisa menghilangkan baret cat di bodi mobil. Seperti dilansir dari grid.id, cara untuk membersihkan baret dengan pasta gigi cukup mudah. Pastikan permukaan mobil yang lecet sudah dibersihkan. Kemudian basahkan kain lembut dan tambahkan pasta gigi secukupnya. Lalu, gosok dengan gerakan melingkar ke bagian mobil yang tergores.

3 Gunakan Kompon

Kompon paling sering digunakan untuk mengatasi goresan pada mobil. Kompon dijual dengan berbagai merek. Ada yang bentuk krimnya berwarna putih dan merah. Namun, kompon putih paling sering digunakan untuk mengatasi goresan pada mobil. Langkah pertama, Anda harus membersihkan permukaan bodi yang tergores. Setelah itu, oleskan kompon pada bagian yang tergores. Kemudian gosok secara perlahan dengan lap lembut.

4 Lotion Anti Nyamuk

Banyak orang yang tak mengira, bahwa lotion anti nyamuk juga bisa menghilangkan baret pada bodi mobil kesayangan Anda. Sama seperti menggunakan kompon, pertama Anda harus membersihkan permukaan bodi mobil yang tergores. Setelah itu, olesi lotion anti nyamuk secukupnya, kemudian gosok dengan lap bersih.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Velg Mobil Tetap ‘Kinclong’]

Keempat cara di atas bisa menjadi solusi bagi Anda dalam mengatasi baret pada bodi mobil tanpa harus ke bengkel. Namun dengan catatan, cara tersebut hanya mampu mengatasi goresan dengan tingkat yang tak terlalu dalam. Selamat mencoba.