Menjaga Cat Mobil.jpg

Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Kinclong Saat Musim Hujan

Senin, 13 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Tak sekadar cek kondisi mesin, ada banyak hal yang harus menjadi perhatian pemilik mobil saat musim hujan seperti saat ini. Salah satunya adalah menjaga cat mobil Anda. Ya, cat mobil sejatinya juga mendapatkan perawatan lebih saat musim hujan. Mengingat, air hujan mengandung kadar asam yang bisa merusak cat mobil.

Langkah preventif pun harus dilakukan untuk menjaga kondisi cat mobil tetap kinclong di saat musim hujan. Langkah mudah yang bisa dilakukan adalah selalu upayakan segera membersihkan atau mencuci setelah mobil diguyur hujan.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup membilas bodi mobil dengan air saja tanpa sabun. Maksimal dilakukan lima jam setelah diguyur hujan. Mengapa harus disegera dicuci? Sebab air hujan tak sepenuhnya air murni, melainkan memiliki kandungan debi sampai asam yang bisa menimbulkan bekas hingga jamur di bodi mobil.

[Baca Juga: Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil]

Perlu diingat juga, dalam membersihkannya pun tak bisa dilakukan sembarangan. Jangan sesekali Anda menggunakan kanebo untuk mengelap mobil yang sudah dibilas. Sebab debu dan kotoran bisa ikut menempel di kanebo, akibatnya bisa menggores permukaan bodi mobil.

Ada baiknya pemilik mobil menggunakan lap microfiber yang memiliki kemampuan menangkap debu yang lebih baik, sehingga mengurangi potensi goresan pada cat mobil.

Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan coating maintenance mobil. Memang butuh biaya yang tak sedikit, makanya untuk perawatan ini bisa dilakukan enam bulan sekali. Banyak manfaat yang didapat dari coating, mulai dari tahan jamur, goresan, dan tentunya tahan dari segala cuaca (hujan dan kemarau).

Selanjutnya, pastikan mobil Anda diparkirkan di tempat tertutup seperti di garasi. Terutama, bila Anda yang memarkirkan dalam waktu lama. Jika dibiarkan terbuka, bukan tidak mungkin air hujan akan ‘menggerogoti’ cat mobil kesayangan Anda.

[Baca Juga: Hal Sepele Ini Bisa Sebabkan Cat Mobil Rusak]

Jika terpaksa harus parkir di tempat terbuka, solusinya adalah dengan rain cover. Tapi ingat, rain cover yang Anda gunakan harus memiliki kualitas yang memiliki daya tahan terhadap air hujan.

Demikian kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi cat mobil tetap kinclong. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

/media/images/Kampas-Rem.original.jpg

Penyebab dan Solusi Atasi Rem Mobil Bunyi

/media/images/Sliding-Door-Alphard.original.jpg

Tips Merawat Pintu Geser Mobil Agar Tetap Awet

/media/images/Setir-Mobil.original.jpg

Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini

/media/images/Air-Coolant.original.jpg

Penting, Pemilik Mobil Wajib Cek Rutin Cairan Ini