Cara-Menghilangkan-Suara-Bising-dalam-Kabin-Mobil-3.jpg

Cara Menghilangkan Suara Bising di Dalam Kabin Mobil

Rabu, 30 Januari 2019 16:00 | Galih Pratama

Salah satu keluhan yang kerap dialami sebagian para pemilik mobil adalah suara bising di dalam kabin. Contohnya bunyi gesekan ban dengan permukaan jalan, ataupun suara lain ketika melintasi jalan rusak. Kondisi ini tentu membuat suasana di dalam kabin mobil menjadi kurang nyaman.

Apakah Anda merasakan hal tersebut ketika sedang mengendarai mobil? Jika iya, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memasang peredam tambahan. Dilansir dari gridoto.com pada Kamis (15/11/2018), umumnya pemasangan peredam mobil dilakukan pada bagian panel pintu, firewall atau dashboard, lantai kabin, dan plafon atau atap kabin. Pada bagian tersebut memang dianggap menjadi sumber dari suara bising dalam kabin mobil.

Cara-Menghilangkan-Suara-Bising-dalam-Kabin-Mobil.jpg

Untuk pemasangan peredam tambahan di mobil, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan mengenal terlebih dahulu jenis-jenis peredam yang ada di pasaran. Pasalnya, peredam terbuat dari berbagai bahan dasar atau material seperti aspal, gel, dan busa.

Dilansir dari metrotvnews.com, jika Anda ingin mengurangi suara bising di mesin, peredam yang bisa digunakan adalah berbahan dasar alumunium yang dilapisi busa. Pemasangan peredam berbentuk lembaran ini bisa ditempel pada bagian kap mesin mobil bagian dalam.

[Baca Juga: Cara Cepat Turunkan Suhu Panas dalam Kabin]

Sementara untuk mencegah suara bising dari luar, Anda bisa memasang peredam pada bagian plafon, pintu, dek bawah, dan frame dashboard. Jenis peredam yang digunakan sebaiknya berbahan material aspal. Selain lebih tebal, peredam jenis ini juga sangat bagus untuk meredam suara atau audio dari dalam mobil Anda.

Bahkan ketika Anda mengendarai saat cuaca hujan, suara percikan air hujan diyakini tak akan terdengar berisik. Sedangkan pada cuaca terik, peredam berbahan material aspal juga mampu meredam panas lebih optimal di dalam kabin. Sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

Cara-Menghilangkan-Suara-Bising-dalam-Kabin-Mobil-2.jpg

Seperti diketahui, peredam jenis lembaran ini tersedia dalam beberapa ukuran dan ketebalan. Seperti dikutip dari gridoto.com, peredam lembaran tersedia mulai dari ukuran 75 x 50 centimeter. Sedangkan ketebalannya bisa mencapai 2 milimeter.