Cara Hilangkan Embusan Bau Tak Sedap dari AC Mobil

Cara Hilangkan Embusan Bau Tak Sedap dari AC Mobil

Senin, 4 Februari 2019 14:00 | Galih Pratama

Fitur air conditioner (AC) dalam mobil memang memberikan kenyamanan tersendiri. AC menjadi penyejuk dalam kabin mobil ketika Anda terjebak dalam kemacetan atau berkendara saat cuaca panas.

Namun pernahkan Anda merasa mual saat perjalanan kala menghirup aroma AC mobil yang tidak sedap? Kebanyakan orang pasti pernah mengalami menghirup aroma AC yang bau. Kondisi itu tentunya sangat mengganggu saat berkendara.

Banyak faktor yang menyebabkan AC mobil mengembuskan aroma tak sedap. Salah satunya disebabkan oleh kebocoran pada sistem sirkulasi mobil. Kabin kotor atau lembab juga bisa menjadi biang keladi kenapa AC mobil mengembuskan aroma tak sedap.

Lantas, bagaimana cara mengatasi aroma tak sedap dari AC mobil? Kali ini, Otopedia merangkum cara atau tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau tersebut. Simak ulasannya.

[Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin]

1 Bersihkan Evaporator

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan evaporator, yakni komponen yang berfungsi mendinginkan freon yang disemprotkan dari expansion valve. Dilansir dari showroommobil.com pada Jumat (28/12/2018), evaporator yang kotor dan lembab akan membuat bakteri serta jamur mudah berkembang biak. Bakteri dan jamur inilah yang mengakibatkan bau atau aroma tak sedap dari AC mobil.

Agar bau hilang, Anda harus rutin membersihkan evaporator. Namun membersihkan komponen ini tak bisa dilakukan sembarangan. Lebih baik Anda ke bengkel AC untuk membersihkannya.

2 Bersihkan Saluran AC

Langkah selanjutnya adalah membersihkan saluran-saluran AC. Saluran AC juga bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Untuk itu, bersihkan saluran AC secara rutin.

3 Bersihkan Filter Kabin

Filter kabin dalam sistem AC mobil juga harus mendapatkan perhatian. Komponen ini berperan untuk menyaring udara dari kotoran atau debu. Jika filter kabin AC kotor, efeknya akan menimbulkan aroma atau bau tak sedap. Bersihkan filter kabin secara rutin. Bila kondisinya sudah rusak, ada baiknya mengganti filter tersebut.

4 Cek Kondisi Expansion Valve

Komponen ini merupakan alat yang mengubah freon cair dan bersuhu tinggi menjadi gas bersuhu rendah. Dilansir dari torarybintaro.co.id, perubahan itu terjadi tepat sebelum freon masuk ke dalam evaporator. Expansion valve yang bermasalah akan membuat kerja evaporator tak maksimal.

[Baca Juga: Termostat]

5 Kurangi Intensitas Membuka Jendela

Saat berkendara, jangan terlalu sering membuka jendela mobil. Ketika jendela dibuka, maka debu dan kotoran akan banyak masuk ke dalam kabin. Debu dan kotoran kemudian terhisap masuk dalam evaporator dan mengendap. Alhasil, aroma AC yang keluar akan bau. Lalu kebiasaan lain yang harus dikurangi adalah jangan merokok, makan, dan minum dalam kabin.

Demikian langkah-langkah untuk mengatasi aroma tak sedap dari AC mobil Anda. Mulai dari sekarang, lebih perhatikan kondisi AC mobil untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.