Cara Cepat Turunkan Suhu Panas dalam Kabin.jpg

Cara Cepat Turunkan Suhu Panas dalam Kabin

Selasa, 29 Januari 2019 16:00 | Inggil Yustiar

Suhu udara yang panas di dalam kabin mobil memang cukup mengganggu. Ketika Anda memarkir mobil pada tempat yang terpapar sinar matahari, ini dapat membuat suhu udara di kabin terasa panas. Hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan baik pengendara maupun penumpang mobil itu sendiri. Di sisi lain, kebanyakan orang pasti akan langsung menghidupkan AC pada level paling dingin saat kabin terasa panas, padahal secara tidak langsung hal tersebut dapat membuat sistem pendingin mobil cepat rusak.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Agar suhu udara panas dalam kabin cepat hilang, baiknya lakukan beberapa hal yang otopedia.com rangkum dari beberapa sumber berikut ini:

  1. Gunakan Pelindung Matahari

Memasang pelindung matahari merupakan cara yang paling efektif untuk membuat suhu dalam mobil agar tidak terlalu panas. Meski hanya dipasang pada kaca depan dan belakang, setidaknya pantulan sinar matahari tidak langsung masuk dalam kabin mobil. Dengan begitu, roda kemudi dan dasbor kontrol panel tidak terlalu panas.

Pelindung Mataharijpg

Sebelum Anda meninggalkan mobil, pasang pelindung matahari mobil. Pastikan hanya sedikit celah yang bisa dilalui oleh matahari. Jangan lupa gunakan pula sun visors untuk menahan pelindung matahari agar tidak terjatuh. Sebaiknya, Anda pilih pelindung matahari yang mudah dipasang dan dilepas, agar tidak membuat Anda semakin ribet.

2. Buka Sedikit Kaca Jendela Mobil

Membuka sedikit celah pada jendela mobil dapat membuat sirkulasi udara dalam mobil dengan baik. Udara panas yang masuk dalam kabin mobil akan mengalir menuju bagian atas kaca sehingga suhu udara tetap sama dengan kondisi di luar. Fungsi dari membuka sedikit kaca mobil yaitu membuka ruang ventilasi agar arus udara lebih lancer.

Buka sedikit kaca mobil.jpg

Anda hanya perlu membuka satu celah saja untuk membuat suhu udara dalam kabin tidak terlalu panas. Jangan pernah Anda membuka jendela mobil terlalu lebar saat ditinggalkan.

3. Pasang Sarung Jok

Pasang Sarung Jokjpg

Sinar matahari yang masuk di dalam kabin mobil secara tidak langsung akan diserap oleh jok Anda. Hal tersebut menyebabkan semakin naiknya suhu panas dalam mobil. Cara untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa memasang sarung jok yang berguna melindungi serapan sinar matahari yang masuk. Sarung jok mobil bisa Anda beli di toko-toko perawatan otomotif.

4. Kipas Tenaga Surya

Kipas Tenaga Surya.jpg

Kipas ini akan hidup ketika terkena sinar matahari. Dengan menggunakan alat ini dalam kabin mobil, maka Anda akan mendapatkan angin. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir saat memarkir mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung.