Lampu Mobil yang Berembun.jpg

Cara Atasi Lampu Mobil yang Berembun

Sabtu, 2 Februari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Lampu mobil merupakan bagian penting untuk menjaga visibilitas saat berkendara. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun. Adanya embun pada lampu mobil selain membuat tampilan kurang menarik, juga dapat mengurangi keterangan cahaya yang dihasilkan.

[Baca Juga: 3 Jenis Lampu agar Mobil Terlihat Elegan]

Munculnya embun pada lampu mobil terjadi akibat kondisi sil atau mika lampu yang sudah tidak bagus. Dengan begitu air dan udara dari luar dapat masuk ke dalam mika lampu tersebut. Terlebih saat kondisi hujan atau banjir dan Anda nekat menerjangnya sehingga air dapat masuk. Adanya perbedaan suhu tersebut membuat munculnya embun yang menempel di kaca mobil.

Lampu Mobil yang Berembun.jpg

Air dan udara yang masuk ke dalam mika lampu mobil, tidak hanya menimbulkan embun saja. Jika dibiarkan secara terus menerus dapat menciptakan korslet pada lampu mobil atau jaringan kelistrikan lainnya.

Pada dasarnya, pengembunan pada lampu mobil merupakan hal yang sering terjadi bagi empunya kendaraan. Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Simak artikel dari otopedia.com yang diambil dari beberapa sumber berikut:

Cara mengatasinya sendiri cukup mudah. Cara pertama Anda hanya cukup menyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Pasalnya, panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan ketika embun pada lampu mobil belum menjadi genangan air.

Lampu Mobil yang Berembun.jpg

Kedua, Anda bisa melepas mika lampu terlebih dahulu. Kemudian, nyalakan lampu mobil selama beberapa menit dan embun dapat menghilang dengan sendirinya. Selanjutnya, Anda keringkan dan bersihkan pada bagian lampu yang masih terlihat basah. Setelah itu, pasang kembali mika lampu tersebut dengan rapat dan jangan biarkan ada celah untuk air masuk.

Buka Mika Lampu.jpg

Ketika telah muncul genangan air pada lampu mobil, maka mau tidak mau Anda harus membuka mika lampu dan mengeluarkan genangan air tersebut dari dalam lampu. Kemudian, periksa bagian belakang mika lampu tersebut, perhatikan pada bagian lubang udaranya apakah tersumbat atau tidak. Jika tersumbat, maka Anda segera bersihkan agar kotoran tidak menempel.