Cara Atasi Blind Spot Saat Menyetirjpg

Cara Atasi Blind Spot Saat Menyetir

Senin, 28 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Istilah blind spot atau sering disebut titik buta dalam berkendara, adalah sebuah area pandangan yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi. Dengan kata lain, blind spot merupakan bagian dari sekeliling pengemudi yang tidak bisa terlihat. Maka itu, perlu diketahui jika tidak diperhatikan dengan cermat, area ini bisa membahayakan pengemudi.

Dilansir dari detik.com, di Amerika terdapat lebih dari 200 orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat blind spot. Di Indonesia sendiri 60 persen pengemudi yang terlibat kecelakaan di jalan raya, mengaku tidak melihat adanya kendaraan di dekatnya. Dengan demikian, fakta tersebut membuat kita harus berhati-hati dalam berkendara, terlebih pada area blind spot.

[Baca Juga: Bahaya Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan Angin]

Lantas, bagaimana cara mengatasi blind spot itu sendiri? Simak lima cara berikut untuk mengetahui cara mengatasi blind spot saat menyetir:

Cara Atasi Blind Spot Saat Menyetir.jpg
  1. Saat sedang berkendara di jalan raya, usahakan untuk tidak berada di samping truk, bus atau kendaraan berat lainnya. Sebab, besar kemungkinan pengendara dari kendaraan berat tersebut tidak melihat keberadaan Anda.
  2. Sebagai tanda untuk menyalip kendaraan lainnya, Anda bisa bunyikan klakson dan kedipkan lampu utama. Tujuannya agar pengendara tersebut mengetahui keberadaan Anda.
  3. Jangan hanya mengandalkan spion saja, sesekali Anda bisa langsung menoleh ke luar untuk mengetahui keberadaan kendaran di dekat Anda.
  4. Gunakan aksesori tambahan, berupa blind spot mirror untuk meminimalisir terjadinya blind spot area.
  5. Terapkan sikap hati-hati dan sopan santun di jalan. Posisikan kendaraan Anda pada area yang dapat terlihat, jika berada dalam area blind spot segeralah cari posisi aman lainnya.