Camshaft

Camshaft

Senin, 25 Februari 2019 15:00 | Galih Pratama

Camshaft atau noken as adalah komponen yang terdapat pada mesin empat tak yang berfungsi mengatur dan menggerakkan katup atau klep (valve) dengan cara mendorongnya dengan dua tonjolan (lift). Camshaft digerakan oleh thiming chain (rantai keteng), yang menghubungkannya dengan kruk as.

Camshaft juga membantu untuk membuka dan menutup katup sesuai dengan urutan firing oder atau urutan timing pengapian mesin dan menggerakkan fuel pump atau pompa bahan bakar, serta memutar distributor.

Jumlah camshaft pada mesin mobil berbeda-beda. Contohnya pada tipe mesin Single Over Head Camshaft (SOHC), hanya ada satu camshaft di dalam mesin. Sedangkan pada mesin Double Over Head Camshaft (DOHC), terdapat dua camshaft untuk menunjang kinerja mesin mobil.

[Baca Juga: Mesin Rotary]

Cara Kerja Camshaft

Saat camshaft menekan rocker arm (pelatuk klep penghubung antara camshaft dengan valve sebagai pengatur naik turunnya klep), klep secara otomatis akan terbuka. Sebaliknya, klep tak akan terbuka apabila rocker arm tak mendapatkan tekanan dari camshaft.

Sistem kerja camshaft membutuhkan oli pelumas. Mengingat cara kerja dari camshaft adalah terus berputar dan terhubung dengan timing belt atau timing chain. Pastikan oli pelumas yang digunakan berkualitas dan volumenya tetap terjaga. Apabila oli berkurang, komponen camshaft akan menjadi ‘aus’ dan berakibat pada tenaga mesin.

[Baca Juga: Direct Injection]

Komponen Camshaft

Camshaft terbagi menjadi dua bagian, yakni journal dan lobe. Journal adalah bagian batang camshaft yang berhubungan dengan dudukan laher dan gigi sentrik. Sedangkan lobe adalah tonjolan yang berfungsi sebagai pengatur buka tutup klep. Khusus komponen camshaft lobe, terdiri dari beberapa bagian. Di antaranya base circle, flank, dan nose atau bagian paling atas yang mirip dengan hidung manusia.

Referensi: teknik-otomotif.com, autoexpose.org

Artikel Lainnya

/media/images/Ground-Clearance.original.jpg

Ground Clearance

/media/images/Ilustrasi_mesin_VVT-i.original.jpg

VVT-i

/media/images/Ilustrasi_Fog_Lamp_Mobil.original.jpg

Fog Lamp

/media/images/Mobil_Crossover.original.jpg

Crossover