hard convertible

Cabriolet

Kamis, 31 Januari 2019 17:00 | Galih Pratama

Cabriolet adalah desain kendaraan sedan bersasis pendek yang memiliki kap atas terbuka. Istilah cabriolet banyak digunakan di negara Eropa seperti Jerman dan Perancis. Sementara di Amerika Serikat, desain mobil tersebut dikenal dengan istilah convertible.

Meski berbeda, kedua istilah tersebut sama-sama merujuk pada mobil sedang berkap atas yang bisa dibuka. Ada dua jenis mobil convertible, yakni convertible soft top dan hard convertible.

[Baca Juga: Japan Domestic Market]

Convertible soft top, yakni mobil convertible dengan atap terbuka yang terbuat dari vinyl atau kanvas. Sedangkan hard convertible adalah mobil convertible dengan atap yang terbuat dari pastik atau baja. Atap tersebut dapat ditarik dan dilipat di dalam atau di atas bagasi kendaraan.

Atap mobil convertible ada yang dilipat secara manual. Namun seiring perkembangan teknologi, kini atap mobil convertible keluaran terbaru dilipat secara otomatis. Ada beberapa contoh mobil berdesain convertible, di antaranya adalah Ford Mustang, Volkswagen New Beetle, Mitsubishi Eclipse Spyder, dan Pontica Sunfire.

Referensi: gridoto.com

[Baca Juga: Completely Build Up]