hino-tayo-2.jpg

Bus Tayo Buatan HINO, ‘Ngetem’ di GIICOMVEC 2020

Jumat, 6 Maret 2020 23:00 | Diangga Simanjuntak

OTONEWS – Setelah kota Bandung memperkenalkan Bandros, kini giliran Tangerang menyediakan trayek Bus Rapid Trans (BRT) Tangerang Ayo (TAYO). Trayek angkutan umum berbentuk unik ini singgah di booth HINO sebagai salah satu display kendaraan komersial pada acara Gaikindo Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

Kendaraan ini sudah resmi beroperasi di kota Tangerang, rute Ciledug-Tang City. Dengan fasilitas Air Conditioner (AC), Sound System, CCTV dan standar tempat duduk nyaman, sehingga menjadikan TAYO sebagai angkutan umum kelas menengah yang nyaman untuk digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Kehadiran BRT TAYO ini tidak hanya disambut baik oleh masyarakat kota Tangerang saja, namun juga pengunjung pameran GIICOMVEC 2020 di JCC, Senayan, Jakarta. Kehadiran bus TAYO di booth HINO ini cukup mengundang perhatian, selain karena desainnya yang unik, kendaraan garapan HINO ini memiliki spesifikasi yang cukup memadai, dengan berbasis kendaraan komersial tipe FB 130.

Bus TAYO memiliki bentuk yang unik dan fasilitas yang cukup lengkap.

HINO FB 130 ini merupakan Bus Medium enam roda dengan mesin WO4D-TN Turbo Intercooler di bagian depan. Sebagai bus pengumpan, FB 130 juga dilengkapi dengan double acting shock absorber dan stabilizer untuk meredam guncangan dari permukaan jalan. Desain suspensi khusus bus dan tapak ban yang lebih yang lebih lebar, sehingga membuat kendaraan jadi lebih stabil.

Salah satu aspek menarik dari kendaraan ini adalah penyematan mesin WO4D-TN Turbo Intercooler yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal 130 PS dengan torsi maksimal 363 Nm. Kendaraan ini diklaim sudah sesuai dengan kebijakan Over Dimension Over Load (ODOL) Kementerian Perhubungan RI, sehingga siap untuk digunakan sebagai trayek BRT masa depan di kota-kota lain seperti Jakarta, Bekasi dan wilayah lain.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift