Bumper.jpg

Bumper

Kamis, 24 Januari 2019 14:00 | Galih Pratama

Bumper adalah komponen pada mobil yang berfungsi sebagai pelindung mobil dari benturan dan tabrakan. Letak bumper ada di depan dan belakang mobil. Sedangkan modelnya sangat bervariasi, tergantung dengan jenis dan model mobil.

Bumper.jpg

Jenis Bumper

Bumper Fiber

Bumper berbahan fiber atau plastik adalah bahan bumper yang mudah dibentuk sesuai dengan jenis dan model mobil. Jenis bumper ini paling banyak diaplikasikan pada mobil city car, Multi Purpose Vehicle (MPV), dan Sport Utility Vehicle (SUV).

[Baca Juga: Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan]

Bahan bumper ini cenderung kurang aman, karena mudah hancur ataupun patah ketika mobil bertabrakan atau terkena benturan. Di sisi lain, bumper bahan fiber, mudah dibentuk atau divariasikan sesuai dengan kebutuhan si pemilik mobil.

Bumper Besi

Bumper berbahan besi juga bisa dibentuk sesuai dengan model dan jenis mobil. Jika dibanding bumper fiber, bumper berbahan dasar besi diklaim lebih kuat dan mampu meredam benturan ringan ataupun berat dengan baik ketika mobil mengalami kecelakaan atau tabrakan. Di satu sisi, bumper berbahan besi memiliki bobot yang cukup berat, sehingga berpengaruh terhadap akselerasi mobil.

[Baca Juga: Leaf Spring]

Referensi: mobiloka.com, kompas.com