BTR, Rutin Touring Jarak Jauh 3

BTR, Rutin Touring Jarak Jauh

Jumat, 8 Februari 2019 19:00 | Galih Pratama

Mobil klasik atau retro memang punya daya tarik tersendiri. Meski lansiran tua, banyak pencinta otomotif yang tergila-gila dengan mobil retro. Hal ini bisa dilihat dari makin menjamurnya komunitas kumpulan para pencinta mobil retro di Tanah Air. Salah satu komunitas mobil retro yang telah eksis sejak November tahun 2016 adalah Bocah Touring Retro atau dikenal dengan sebutan BTR.

Sesuai namanya, komunitas ini merupakan kumpulan para pencinta mobil retro dari berbagai jenis dan pabrikan mobil. Misalnya Toyota DX, Lancer SL tahun 1980-an, dan lainnya.

Dua tahun berdiri, BTR kini telah memiliki sekira 44 anggota. “Selain dari Jabodetabek, anggotanya ada yang datang dari Bandung dan Tegal,” ungkap Gilang Pramono Seto, Ketua Umum BTS seperti dikutip gridoto.com pada Selasa (8/1/2019).

BTR, Rutin Touring Jarak Jauh 2

Dikatakan Gilang, anggota BTR memang sudah berumur. Rata-rata usianya adalah 45 tahun ke atas. “Rata-rata yang pasti dulunya pernah menggunakan mobil seperti Corolla DX atau lainnya di tahun '80-an, sekarang mau nostalgia zaman muda. Menolak tua,” ujar Gilang.

[Baca Juga: Melongok Koleksi Mobil Klasik Ciamik Uya Kuya]

Namun, lanjut Gilang, kini sudah ada generasi muda penerus anggota BTR. Ada beberapa anggota yang usianya 20 tahunan. “Ada lima orang yang masih berusia 20 tahunan. Bahkan mereka menjadikan mobil retronya untuk harian,” tambahnya.

Salah satu kegiatan yang rutin digelar komunitas ini adalah touring. Tak sekadar jarak dekat, touring jarak jauh juga kerap dilakukan komunitas BTR. “Kami bukan sekadar pencinta mobil retro, tapi juga senang touring jarak jauh. Tahun lalu, untuk touring jarak dekat, kami berangkat ke Cileteuh, Jawa Barat. Sedangkan jarak jauh ke Bali yang diikuti 15 mobil. Ada juga yang ke Banjar dengan 21 mobil,” kata Gilang.

BTR, Rutin Touring Jarak Jauh

[Baca Juga: Pecinta Mobil Klasik Berkumpul di Bali Rayakan Hari Jadi Ke-39]

Sementara bagi yang tertarik bergabung, tak ada persyaratan khusus untuk menjadi anggota BTR. “Yang penting punya passion di mobil retro dan touring jarak jauh. Itu aja. Bagi yang baru bergabung, pasti kita ajak touring jauh. Biar bisa merasakan langsung dan melihat mana yang serius mana yang tidak untuk bergabung,” tutup Gilang.