Tesla Pikap Listrik.jpg

Bos Tesla Bocorkan Peluncuran Model Pikap Listrik

Jumat, 8 November 2019 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setelah lama dinanti, akhirnya Tesla mengungkapkan tanggal peluncuran pikap elektrik perdananya. CEO Tesla Elon Musk melalui akun Twitter resminya menulis bawah pikap elektrik Tesla akan diluncurkan pada 21 November di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Kami akan keluar dengan truk pikap Tesla, atau kami menyebutnya sebagai “Cybertruck” maksud saya seperti pengangkut personel lapis baja dari masa depan,” demikian cuitan Elok Musk seperti dilansir carscoops.com, Jumat (8/11/2019).

Menurut Elon, Tesla pikap listrik ini bisa menempuh jarak 600 – 800 kilometer (km) dalam satu kali pengisian baterai. Selain itu, pikap milik Tesla ini juga didukung dual motor All-Wheel-Drive (AWD) dengan suspensi dinamis dan mampu mengangkat bobot hingga 130 ton dan memiliki kapasitas penarik hingga 136.077 kilogram.

[Baca Juga: Post Malone Punya Koleksi Mobil ‘Monster’, Seperti Ini Wujudnya]

Dari sisi desain, truk pikap elektrik pertama Tesla akan menampilkan desain yang sangat berbeda dibanding yang ditawarkan oleh pabrikan mobil listrik. Mobil ini memiliki kapasitas enam kursi yang cukup lega untuk kelas pikap.

Sementara harganya sendiri, Tesla akan memberikan harga yang sangat terjangkau untuk segmen pikap listrik ini. Tesla telah mengomfimasi bahwa harga Tesla pikap listik ini dibanderol di bawah USD 50.000 atau setara dengan Rp710 jutaan. Harga ini di bawah harga Porsche 911.

Bisa dikatakan pemberian harga tersebut jadi strategi Tesla untuk bersaing dengan pabrikan lainnya. Mengingat pabrikan seperti Rivian, Ford, dan General Motors (GM) telah membuka pasar truk pikap listrik sekira 12 bulan terakhir.

Pabrikan otomotid Ford contohnya, mereka bakal menghadirkan model yang didasarkan pada F-150. Sementara GM akan menghidupkan kembali Hummer. Ini tentunya akan menjadi persaingan pikap yang sangat ketat.

[Baca Juga: Mobil Listrik Tesla Model 3 Mulai Dipasarkan, Segini Harganya]

Sementara mengenai produksi dan pengiriman pikap listrik ini masih menjadi misteri. Mengingat Tesla sendiri memiliki kebiasaa meluncurkan produk masa depan bertahun-tahun sebelum mereka benar-benar masuk ke pasar.

Seperti diketahui, Elon sebelumnya memproyeksi truk listrik ini akan diluncurkan pada bulan Oktober 2019, namun mundur lantaran pihaknya memerlukan waktu tambahan untuk menyempurnakan beberapa komponen. Adapun, rencana ini telah digaungkan oleh Tesla setidaknya sejak tahun 2017. Jadi, patut ditunggu kehadiran Tesla pikap listrik ini.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift